Pemkot Depok Kumpulkan 24.109 Bendera Merah Putih, Melebihi Target untuk Memperingati HUT Kemerdekaan
Wali Kota Depok Mohammad Idris (Tengah) didampingi Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono (kanan) dan Sekda Depok Supian Suri (Kiri) (foto: dok ANTARA)

Bagikan:

DEPOK- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat berhasil mengumpulkan 24.109 bendera Merah Putih yang akan dibagikan kepada masyarakat di 11 kecamatan dan sudah melampaui target yang ditetapkan Kementerian Dalam Negeri untuk Kota Depok.

"Pertama target kita sesuai dengan jumlah penduduk, 10.000 dari Kementerian, tapi Alhamdulillah kita jauh melampaui target dalam mengumpulkan bendera Merah Putih," kata Wali Kota Depok, Mohammad Idris di Depok, Sabtu, 5 Agustus.

Jadi lanjut dia, pencanangan 10 juta itu seluruh Indonesia, nah ini dalam rangka tadi menanamkan, menguatkan penanaman terhadap bela negara, nasionalisme seperti itu.

Mohammad Idris menyampaikan terima kasih kepada Dinas atau Perangkat Daerah (PD) yang sudah mengumpulkan bendera untuk memeriahkan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kota Depok.

"Terima kasih kepada tiga dinas terbesar pengumpul bendera di Kota Depok, tentunya yang pertama Dinas Pendidikan (Disdik), karena banyak guru-guru dan orang tua murid, jadi Disdik mengumpulkan 7.583 bendera," kata Idris.

Ia mengatakan, sesuai dengan cita-cita para pendiri negara, jadi bendera dan lagu kebangsaan Indonesia menjadi pemersatu bangsa.

"Bendera Merah Putih seperti ini dengan ukuran 300×200 cm atau 3×2 meter itu sudah disepakati oleh para pendiri bangsa," ujarnya.

Dikatakannya masyarakat untuk perlu memperhatikan kembali bagaimana aturan cara memasang Bendera Merah Putih yang benar sesuai Undang-undang (UU) agar tidak keliru.

"Sebanyak 24.109 bendera Merah Putih akan dikembalikan lagi ke masyarakat agar dikibarkan, dan harus diberi tahu oleh lurah dan camatnya dengan etika dan ketentuan yang sudah berlaku tentang pengibaran bendera Merah Putih," ujarnya.