Puting Beliung Rusak 8 Rumah Warga di Banjarbaru Kalsel, 3 Orang Luka Ringan
BPBD Kota Banjarbaru Melakukan Pendataan (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 8 unit rumah, bengkel serta warung di Jalan Trikora RT 02/RW 01 Kelurahan Landasan Ulin Tengah, Kecamatan Liang Anggang, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) rusak parah akibat diterjang puting beliung. 

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarbaru, Zaini Syahranie mengatakan, kejadian itu berlangsung dinihari tadi. Beruntung, para penghuni rumah bisa menyelamatkan dii. 

"Terdata 3 orang mengalami luka ringan, tetapi sudah diobati dan tidak mengalami cedera serius," ujarnya dilansir Antara, Jumat, 29 Januari. 

Berdasarkan data BPBD Banjarbaru, rumah, bengkel dan warung yang dibangun di atas lahan dengan status sewa. "Kerusakannya bervariasi, ada yang 10 persen hingga 75 persen, dengan kerusakan paling banyak di bagian atap yang terlepas, selain kerusakan dinding rumah yang terbuat dari kayu," sebut Zaini.

Pada pagi hari pascakejadian sekitar pukul 06.00 WITA, lanjutnya, pihaknya langsung mendatangi lokasi sekaligus menyerahkan bantuan berupa paket bahan pokok untuk korban puting beliung.

"Kami datang langsung ke lokasi dan menyerahkan bantuan paket bahan pokok, terdiri dari beras, gula, minyak goreng, ikan kaleng dengan jumlah yang cukup banyak dan bisa tahan untuk satu minggu," katanya.

Pemkot Banjarbaru, katanya, tidak bisa memberikan bantuan untuk perbaikan kerusakan fisik bangunan, karena rumah termasuk bengkel dan warung yang ditempati merupakan lahan status sewa milik orang lain.