Bagikan:

JAKARTA - Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI), Mayjen TNI Agus Winarna, SIP, MSi, MTr (Han)., secara resmi membuka Seminar Hasil Kuliah Kerja Luar Negeri (KKLN) Fakultas Manajemen Pertahanan dengan tema "National Resources for Defense Management in the Face of Imminent Threats in the Modern Warfare of 21st Century." Acara ini berlangsung secara hybrid dan melibatkan para mahasiswa dan ahli dari Jepang.

Dalam seminar ini, para mahasiswa FMP Unhan RI memaparkan hasil penelitian mereka yang telah dilakukan selama satu bulan di Jepang. Dekan Mayjen TNI Agus Winarna menekankan pentingnya wawasan dan ilmu yang diperoleh dari Jepang untuk mendukung pemerintah Indonesia, terutama dalam bidang Manajemen, Ekonomi, Energi, dan Sumber Daya Pertahanan.

Sebagai bagian dari acara, beberapa mahasiswa mempresentasikan hasil penelitian mereka di hadapan para ahli dari Jepang. Materi yang disampaikan mencakup topik seperti Manajemen Energi Mineral Tembaga untuk Keamanan Energi Nasional, Peran Ekonomi Cyber dalam Menghadapi Ancaman Peperangan Modern, dan Dampak Teknologi, Militer, dan Kesejahteraan Sosial-Ekonomi pada Konflik di Indonesia dan Jepang.

Seminar Hasil KKLN ini dihadiri oleh 117 peserta melalui platform zoom, termasuk mahasiswa Pascasarjana Fakultas Manajemen Pertahanan, dosen pendamping, dan staf dari FMP Unhan RI. Acara ini dimoderatori oleh Dr. Ir. Novky A., S.T., M.Si (Han)., IPU, selaku Dosen Tetap Fakultas Manajemen Pertahanan.

Dalam penutupan seminar, Dekan FMP Unhan RI menyoroti pentingnya pengelolaan limbah yang bertanggung jawab dalam industri nasional guna mengatasi polusi dan kerusakan lingkungan. Ia juga menekankan tantangan dan peluang di bidang Siber dan bagaimana kerjasama internasional menjadi kunci dalam menghadapi ancaman siber. Selain itu, peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia menjadi fokus dengan investasi di bidang pendidikan, kesehatan, pengurangan kemiskinan, dan pembangunan infrastruktur untuk mencapai masyarakat yang lebih adil dan sejahtera.

Dengan harapan pengetahuan dari KKLN ini dapat diperluas, Dekan FMP Unhan RI berharap mahasiswa dapat mencapai keunggulan dalam bidang manajemen pertahanan, mendorong inovasi, dan bekerja kolaboratif untuk mengatasi tantangan di masa depan.