Bagikan:

YOGYAKARTA - Jakarta International Stadium bakal direnovasi untuk menyesuaikan standar FIFA. JIS  akan diperbaiki menjelang jadi salah satu tuan rumah pada ajang Piala Dunia U-17 yang akan digelar pada November hingga Desember 2023. Lantas apa saja syarat stadion standar FIFA yang harus dipenuhi?

JIS masih belum masuk syarat stadion standar FIFA, berdasarkan hasil inspeksi yang telah dilakukan oleh PSSI. Ada beberapa aspek yang dinilai belum memenuhi ketentuan dan masih harus diperbaiki, yakni pada bagian rumput, akses pintu masuk-keluar, para perimeter, hingga tempat parkir. 

Untuk bisa menjadi venue pertandingan internasional, maka sejumlah fasilitas di JIS perlu direnovasi atau ditingkatkan. Seperti apa syarat stadion standar FIFA yang perlu diterapkan di Indonesia?

Syarat Stadion Standar FIFA

FIFA menetapkan sejumlah kriteria untuk stadion yang bisa menyelenggarakan pertandingan internasional. Panduan stadion standar FIFA telah lama dirilis dengan nama FIFA Football Stadiums Guidelines. 

Untuk bisa memenuhi standar FIFA, sejumlah fitur dan komponen yang harus lolos atau sesuai kriteria FIFA. Berikut ini syarat-syarat stadion standar FIFA:

  1. Pintu untuk akses masuk dan keluar stadion harus dirancang, yang memungkinkan orang dapat bergerak dengan mudah.
  2. Area di sekitar stadion wajib diberi pembatas, misalnya tembok atau pagar harus ada di sekitar stadion. Ketinggian pagar ini setidaknya mencapai 2,5 meter, sehingga dapat mencegah aksi orang masuk dengan cara melompat dan memanjat dinding.
  3. Pintu untuk akses masuk dan keluar stadion harus dapat dibuka dan ditutup dengan mudah.
  4. Pintu harus dirancang untuk kuat dan tahan terhadap tekanan kelompok yang ramai.
  5. Pintu harus memiliki kunci yang bersifat tahan api.
  6. Dilakukan pemeriksaan kepada pengunjung di semua titik masuk dan benda asing harus dicegah memasuki stadion.
  7. Pintu putar dan titik kontrol harus tahan terhadap tekanan dari orang.
  8. Dalam keadaan darurat, harus ada beberapa gerbang khusus yang harus ada di dalam stadion.
  9. Harus ada pintu keluar darurat alternatif untuk penonton.
  10. Pintu keluar darurat harus cukup besar dan harus ada staf permanen di awal pintu. Pintu-pintu ini harus cukup lebar. Pintu keluar ini harus memiliki warna yang berbeda dari pintu lainnya sehingga orang dapat dengan mudah membedakannya dalam keadaan darurat.

Demikianlah informasi syarat stadion standar FIFA untuk bisa menggelar pertandingan internasional. Saat ini tengah diupayakan untuk renovasi atau peningkatan fasilitas JIS agar bisa memenuhi syarat standar FIFA. Dengan langkah ini, diharapkan dapat menambah kepercayaan dan kelancaran dalam penyelenggaran pertandingan sepak bola internasional di tanah air. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.