Kafe di Cakung Dibobol Maling, TV, Speaker, dan Uang Tunai Digasak Habis
Tangkap layar CCTV di lokasi pencurian/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Aksi pencurian sejumlah barang elektronik di sebuah kafe, Jalan Rawa Kuning, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur berhasil terekam kamera CCTV. Terlihat dua orang pelaku tengah mengambil sebuah layar televisi berukuran besar yang ada di dalam ruangan.

Aksi pembobolan itu sudah dilaporkan ke Mapolsek Cakung dengan sejumlah kerugian berupa barang harga seperti televisi, sound sistem, mesin kasir hingga uang tunai.

Dari keterangan Ikhsan (26) pemilik kafe, diketahui bahwa pelaku datang menggunakan mobil pickup Carry kelir putih yang diparkirkan di jalanan. Pelaku datang sekitar pukul 04.30 subuh.

"Kebetulan kita emang tiap hari ada yang tidur jaga. Momen semalam, karyawan keluar dan mereka masuk. Emang kalau dilihat dari (waktu) CCTV, cepet sekali. Mungkin jeda 5 menit karyawan keluar, mereka masuk," kata Ikshan kepada wartawan, Kamis, 6 Juli.

Ikhsan menjelaskan, uang yang berada di kotak penyimpanan uang terdapat Rp1,7 juta. Televisi tersebut berukuran 50inch dan sound sistem jenis speaker ada dua unit berukuran 15inch.

"Total kerugian sampai belasan juta," ucapnya.

Lebih lanjut Ikhsan mengatakan, pelaku sebelumnya sudah mengintai. Berdasarkan info dari rekan Ikhsan, ada yang pernah lihat pelaku datang sebagai pengunjung cafe.

"Video CCTV disebar ke teman-teman kemudian viral. (pelaku) Pernah datang ke sini, cuma kenalin muka tapi tidak kenal. Dia ke sini nyanyi juga, masih tahun ini lah. Saya sudah laporkan ke polsek Cakung," ujarnya.

Ikhsan menduga, para pelaku sudah berniat mencuri karena membawa mobil pickup.

"Sudah direncanakan sedemikian rupa. Niat itu, bawa mobil pickup," ujarnya.