Terima DAK Rp100 Juta, Pemkab Mukomuko Lakukan Kajian di Sejumlah Toko untuk Pengadaan Logistik Bencana
Suasana di depan Kantor Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko, Kamis (22/12/2022) ANTARA/Ferri.

Bagikan:

MUKOMUKO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Bengkulu, melalui Dinas Sosial menyiapkan stok cadangan logistik untuk antisipasi apabila terjadi bencana alam. 

"Saat ini sedang proses pengadaan logistik. Pejabat pengadaan barang sedang melakukan kajian untuk membandingkan Harga Perkiraan Sementara (HPS) barang di sejumlah toko," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mukomuko Fitriani Ilyas di Mukomuko, dikutip dari Antara, Minggu, 2 Juli. 

Tahun ini pihaknya mendapatkan alokasi dana sebesar Rp100 juta yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) untuk membeli stok cadangan logistik bagi korban bencana alam. 

Dari alokasi dana sebesar Rp100 juta tersebut, katanya, sebesar Rp50 juta diantaranya digunakan untuk pengadaan bahan sandang dan berbagai jenis makanan. Kemudian sebesar Rp50 juta untuk pengadaan berbagai jenis peralatan untuk warga lanjut usia (lansia) dan anak-anak seperti pampers, baju sekolah, dan baju tidur untuk anak-anak.

Pihaknya menitipkan stok cadangan logistik berupa makanan, termasuk beras, di toko daerah ini agar barang tersebut tetap baru ketika dibutuhkan oleh masyarakat yang menjadi korban bencana alam.

"Kalau kita pengadaan makanan dan beras kemudian logistik tersebut untuk sementara disimpan di gudang, maka ada kemungkinan barang tersebut kedaluwarsa dan dipastikan tidak bisa digunakan untuk masyarakat," ujarnya.

Kecuali pangan, kata dia, usai dibeli oleh pihak ketiga bantuan logistik lalu disimpan di gudang instansi dan logistik itu diberikan pada saat ada bencana alam di daerah ini.

Saat ini pihaknya masih menyimpan sedikit stok cadangan logistik bencana di berupa tenda, tikar, dan baju, yang merupakan bantuan dari Dinas Sosial Provinsi tahun sebelumnya.