Lampung Raih Juara Umum dalam Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara 2023
Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Kemendes PDTT Ivanovich Agusta (kedua kiri) menyerahkan piala kepada pemenang lomba Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) XXIV Tahun 2023 di Lampung. (Dok. ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi mengumumkan bahwa Lampung telah meraih gelar juara umum pada kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) XXIV Tahun 2023.

Dalam keterangan resminya di Jakarta, Sabtu, Kepala Pusat Daya Saing Kemendes PDTT, Helmiati Nuhung, menyatakan, "Lampung meraih juara umum karena berhasil menjadi pemenang dalam beragam perlombaan."

Helmiati Nuhung menjelaskan bahwa Lampung berhasil meraih Juara 3 dalam Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna dan Juara 1 dalam Lomba Teknologi Tepat Guna Unggulan.

Selain itu, Lampung juga berhasil meraih Juara 1 dalam Lomba Cepat Tepat (LCT) Nusantara, Juara 1 Lomba Stan, Juara 2 Lomba Posyantek Desa Berprestasi, serta meraih penghargaan Juara Terbaik dan Juara 2 dalam Fashion Show.

"Ibu kota Lampung meraih trofi juara umum menunjukkan keunggulan provinsi ini dalam Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara tahun ini. Tentu saja, ini merupakan hasil dari persiapan yang baik," kata Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Kemendes PDTT, Ivanovich Agusta dikutip ANTARA, Sabtu, 10 Juni.

Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara merupakan upaya Kemendes PDTT untuk mendorong inovasi dan teknologi yang berasal dari desa. Inovasi dan teknologi ini diyakini sebagai faktor peningkatan kemajuan desa.

Ivanovich Agusta menambahkan bahwa lomba GTTGN ini memperlihatkan rivalitas positif yang mendorong terciptanya inovasi teknologi yang lebih lanjut.

Kementerian Desa juga menjamin bahwa para pemenang adalah yang terbaik di antara semua peserta GTTGN tahun ini.

Para pemenang GTTGN tingkat nasional akan menerima piagam penghargaan, dana, dan dukungan penuh untuk memperoleh hak paten atas teknologi yang mereka hasilkan.

Selain itu, pemenang juga akan difasilitasi oleh unit usaha BUM Desa untuk mendapatkan nomor izin berusaha, sehingga teknologi tepat guna hasil karya pemenang dapat dikembangkan dan dipasarkan ke seluruh dunia.