Sampah di Pantai Talanca Sukabumi Membeludak, Pemkab Janjikan Penuntasan
Ilustrasi sampah di pesisir pantai yang tersebar di Pantai Sedari, Karawang, Jabar, Minggu 5 Januari 2020. (ANTARA-M Ibnu Chazar)

Bagikan:

JABAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi memastikan untuk menyelesaikan masalah sampah yang semakin menggunung di Pantai Talanca, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Jabar).

"Permasalahan sampah yang terus menumpuk di Pantai Talanca, Desa Loji memang sudah lama terjadi dan selama ini pun Pemkab Sukabumi terus berusaha untuk mengatasinya. Maka dari itu, kami menggelar rapat koordinasi untuk mencari solusi agar masalah sampah ini bisa diselesaikan dengan cepat," kata Kepala Bagian Sumber Daya Alam (SDA) Sekretaris Daerah (Setda) Kabupaten Sukabumi, Prasetyo di Jabar pada Selasa, 23 Mei.

Menurut Prasetyo, pada rakor ini pihaknya mengusulkan agar dilakukan pengadaan alat khusus untuk mengangkut sampah di sungai khususnya di muara, karena selama ini Pemkab Sukabumi belum memilikinya.

Ajuan untuk pengadaan alat khususnya sesuai hasil rakor tersebut akan segera dilaporkan pihaknya kepada pimpinannya, Bupati Sukabumi. Selain itu, pada rakor itu pun juga dibahas penanganan jangka panjang dan menentukan solusi yang tepat serta cepat.

Salah satu solusinya adalah dengan dengan memberdayakan masyarakat perdesaan atau perkampungan yang daerahnya dilalui aliran sungai seperti memberikan edukasi untuk meningkatkan kesadaran mereka agar tidak membuang sampah ke sungai.

Seperti diketahui dampak dari membuang sampah ke sungai selain bisa menyebabkan timbulnya polusi dan kerusakan alam, juga berdampak kepada perekonomian. Sebenarnya edukasi seperti ini sudah sering dilakukan, tetapi pihaknya mengakui belum semua masyarakat yang tinggal di bantaran sungai teredukasi.

Ia menambahkan, sebenarnya untuk pengelolaan sungai itu menjadi kewenangan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Jawa Barat. Tetapi, penanganan sampah ini tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri tetapi harus bekerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan dan melibatkan masyarakat.

"Penanganan sampah di Pantai Talanca ini juga bisa berdampak ke pantai lainnya yang ada di Kabupaten Sukabumi, maka dari itu pada rakor ini kami fokuskan mencari solusi jangka pendek, menengah dan panjang," tambahnya.

Di sisi lain, Prasetyo mengatakan untuk penanganan dalam jangka pendek ini pihaknya akan melakukan pemetaan sampah di hilir aliran Sungai Cimandiri, Desa Loji dan akan melakukan pemantauan langsung ke lapangan yang rencananya pada Kamis, 25 Mei.

Lanjut dia, penanganan sampah ini memang menjadi tugas pokok dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi dan pihaknya memastikan jika hanya dilakukan DLH kemungkinan akan sulit penyelesaiannya. Sehingga harus dibangun kolaborasi antar organisasi perangkat daerah dengan melibatkan masyarakat.