Sudah 35 Bencana Terjadi di Kabupaten Bogor pada Awal 2021
Evakuasi bencana longsor di Bogor (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Wilayah Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat menghadapi 35 kejadian bencana alam selama tiga pekan pertama tahun 2021.

"BPBD mencatat 35 bencana terjadi di 19 kecamatan sejak awal tahun ini, sebagian besar adalah bencana longsor," kata Bupati Bogor Ade Yasin di Cibinong, Bogor, dilansir Antara, Kamis, 21 Januari.

Ade mengatakan bahwa cuaca ekstrem yang dalam beberapa hari terakhir meliputi wilayah Kabupaten Bogor telah menimbulkan bencana alam.

Tanah longsor terjadi di sekitar Gunung Mas, Cisarua, pada Minggu, 10 Januari malam dan di Cipeundeuy, Pamijahan, pada Senin, 11 Januari.

"Cuaca beberapa hari terakhir cukup ekstrem, khususnya di Bogor. Intensitas hujan yang tinggi disertai angin kencang membuat beberapa titik rawan bencana harus diwaspadai," kata Ade.

Sekretaris BPBD Kabupaten Bogor Budi Pranowo menyebutkan bencana yang terjadi sejak awal tahun 2021 antara lain meliputi 16 kejadian tanah longsor, 10 kejadian angin kencang, dan dua kejadian kekeringan.

"Kemudian satu kali banjir, satu kejadian kebakaran, dan lima kejadian lain-lain seperti rumah roboh, pohon tumbang, dan orang hanyut," katanya.