Tinjau Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni, Menko PMK:  Ada Beberapa Penyesuaian untuk Lancarkan Pelayanan Penyeberangan
Suasana sejumlah pemudik saat sedang memasuki area pelabuhan Bakauheni. (Dok. ANTARA)

Bagikan:

LAMPUNG SELATAN - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, melakukan inspeksi arus balik pemudik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung. 

"Saat ini, saya berada di Pelabuhan Bakauheni untuk memastikan bahwa layanan penyeberangan dari Pulau Sumatera menuju Jawa pada arus balik berjalan dengan lancar," ujarnya di Bakauheni pada hari Selasa. 

Dia juga menyatakan bahwa kendaraan pribadi masih mendominasi kepadatan kendaraan pemudik setelah H+2, tetapi kendaraan besar belum terlihat.

"Berdasarkan pengamatan saya hingga H+2 ini truk-truk besar itu belum bergerak menyeberang ke Pulau Jawa," katanya dikutip ANTARA, Selasa, 25 April.

Muhadjir mengatakan, pihaknya dan ASDP beserta instansi terkait akan melakukan penyesuaian kebijakan terkait arus balik di Pelabuhan Bakauheni.

"Ada beberapa penyesuaian kebijakan yang saya sarankan untuk kebijakan-kebijakan termasuk seperti arus mudik kemarin, di mana sepeda motor dialihkan di dua pelabuhan, nah sekarang di arus balik akan kita berlakukan seperti itu," kata dia lagi.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan, pihaknya juga telah menerapkan rekayasa lalu lintas di area Pelabuhan Bakauheni.

"Jadi kalau istilah kata menunggu, kita di Pelabuhan Bakauheni ini memang menerapkan seperti itu, jadi memang yang namanya menunggu itu pasti ada, tapi kita dalam keadaan seperti ini rata-rata menunggu itu dua jam, jadi tidak mungkin orang baru masuk pelabuhan langsung masuk kapal," kata Ira Puspadewi, di Bakauheni.

Ia mengimbau kepada pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari sebelum tiba di pelabuhan.