Banyak Lampu Penerangan Jalan di Kudus Mati, Bupati Upayakan Perbaikan Sebelum Lebaran 2023
Lampu penerangan jalan umum (LPJU). (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Bagikan:

JATENG - Bupati Kudus Hartopo mengatakan pihaknya mengupayakan semua Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang mati karena rusak diperbaiki. Upaya perbaikan disegerakan sebelum Lebaran 2023.

"Kami sudah mengundang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, mulai dari Dinas Perhubungan serta Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kudus, untuk mengupayakan LPJU yang menjadi kewenangan keduanya bisa nyala sebelum Lebaran," katanya di Kudus, Jawa Tengah, Jumat 14 April, disitat Antara.

Ia mengakui tahun ini memang ada pengadaan LPJU di Dinas Perhubungan Kudus, sehingga ketika sudah selesai pengadaan tentunya akan langsung dipasang.

Demikian halnya, kata dia, untuk LPJU di kawasan Balai Jagong Kudus yang diketahui banyak yang mati, juga sudah dikoordinasikan untuk dicarikan solusi.

"Karena semua LPJU di kawasan Balai Jagong merupakan jenis solar cell yang membutuhkan biaya yang mahal. Baik Dishub maupun Disdikpora Kudus sudah kami minta untuk mencari solusi terbaik agar tidak gelap saat malam hari," ujarnya.

Nantinya, kata dia, akan dibahas kemungkinan perawatannya diserahkan kepada Dishub Kudus karena Disdikpora Kudus tidak memiliki tenaga teknis yang mengurusi LPJU.

Untuk memaksimalkan semua LPJU di Kudus yang berjumlah 6.616 titik bisa menyala, maka tahun ini juga dilakukan migrasi dari listrik prabayar (mode token) menjadi pascabayar. Karena selama mode token terdapat beberapa titik lampu yang mati karena belum terisi token.