Menparekraf Sandiaga Uno Siapkan Gercep, Geber, dan Gaspol untuk Bangkitkan Pariwisata
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. (Foto: Tangkap layar YouTube DPR RI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno meyakini bahwa tahun 2021 merupakan tahun pemulihan bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Ia juga telah menyiapkan tiga strategi untuk menarik lebih banyak wisatawan di tahun ini.

"Tiga platform Kemenparekraf yaitu akan menitik beratkan pada inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Inovasi, karena kita akan menyelesaikan semua permasalahan dengan solusi-solusi dan alternatif-alternatif baru," katanya, dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR, Kamis, 14 Januari.

Kedua, adaptasi. Di mana industri pariwisata akan diarahkan untuk bisa bertahan dalam segala kondisi termasuk di tengah kondisi pandemi COVID-19 saat ini.

Terakhir, kolaborasi. Kemenparekraf, kata Sandi, akan menggerakkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan bekerja sama dengan sinergi untuk mencapai pertumbuhan yang maksimal.

"Untuk menerapkan upaya tersebut kita akan sampaikan strategi inovasi. Ini upaya mendasar mulai dari kebersihan toilet sampai hotel, program destinasi super prioritas hingga desa wisata kita perbaiki produk ekonomi kreatifnya kuliner dan kriya mulai dari busana tarian sampai infratruktur dan interkoneksi," jelasnya.

Terkait dengan kolaborasi, Sandiaga menjelaskan, pihaknya juga akan bekerja sama dengan semua stakeholder terkait. Kampenye akan 3G, 4K dan 5 Destinasi Super Prioritas akan terus digencarkan.

"Kolaborasi, saya rasa kita semua sepakat kolaborasi khususnya pentahelix melibatkan semua pihak. Ini sangat dibutuhkan semua pelaksaan program tersebut akan dengan semangat 3G, 4K, 5 Destinasi," tuturnya.

Adapun konsep 3G adalah Gercep atau gerak cepat, Geber atau gerak bersama, Gaspol atau garap semua potensi lapangan kerja. Sedangkan, 4K yaitu kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan keberlanjutan lingkungan.