Pilot Philip Mark Dalam Keadaan Sehat Hingga Kini, Polda Papua Sebut KKB Egianus Kogoya Sudah Bergerak dari Nduga
Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri. (ANTARA)

Bagikan:

PAPUA - Kapolda Irjen Mathius Fakhiri mengakui, kondisi pilot Susi Air Philip Mark Merthens yang berkebangsaan Selandia Baru dalam keadaan sehat.

"Memang saat ini pilot Philip masih ditangan KKB pimpinan Egianus Kogoya dan dalam kondisi sehat," kata Fakhiri kepada ANTARA di Jayapura dilasnir dari Antara, Rabu, 22 Februari. 

Diakui, saat ini pihaknya masih mengedepankan negosiasi guna menghindari jatuhnya korban. "Namun kami bisa memastikan kondisi pilot Philip dalam keadaan baik-baik saja walaupun masih berada bersama kelompok KKB pimpinan Egianus Kogoya," jelas Fakhiri.

Menurutnya, negoisasi masih akan dilakukan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena pihaknya mengutamakan keselamatan tidak saja bagi sandera tetapi juga anggota TNI-Polri yang terlibat.

Terkait tim yang diturunkan penjabat Bupati Nduga, Kapolda Papua mengakui hingga kini belum ada laporan, apalagi dari laporan yang diterima Egianus Kogoya bersama sanderanya telah keluar dari wilayah Kabupaten Nduga.

"Egianus dan kelompoknya sudah tidak berada di Kabupaten Nduga, namun masih di kawasan pegunungan," jelas Fakhiri.

Egianus Kogoya bersama anggotanya Selasa, 7 Februari lalu membakar pesawat jenis Pilatus milik Susi Air di lapangan terbang Paro.

Selain membakar pesawat, KKB juga menyandera pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru yakni Philip Mark Merthens.