Pemasangan Alat Kontrasepsi di Bandar Lampung Sudah Tersedia di 31 Puskesmas, Gratis
Warga Bandar Lampung yang sedang mendaftar dan berkonsultasi untuk mengikuti program Keluarga Berencana (KB)/ANTARA

Bagikan:

BANDAR LAMPUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung menyebutkan, pelayanan pemasangan alat kontrasepsi (alkon) bagi masyarakat yang ingin melaksanakan program Keluarga Berencana (KB) dapat dilakukan di 31 Puskesmas di kota ini.

"Selain di 31 Puskesmas, masyarakat yang ini memasang alkon juga bisa datang ke Kantor Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB)," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas PPKB Kota Bandarlampung Santi Sundari di Bandarlampung, Antara, Rabu, 8 Februari. 

Layanan yang disediakan di Puskesmas untuk program KB, yakni pil KB, suntik, kondom, intra uterine device (IUD), metode operasi wanita (MoW) atau tubektomi dan metode operasi pria (MoP) atau vasektomi.

"Semua pelayanan KB ada di puskesmas dan diberikan secara gratis," kata dia lagi.

Menurutnya, kesadaran masyarakat Bandar Lampung dalam program KB cukup baik, pada tahun 2022 warga Bandarlampung yang telah menerima layanan KB sebanyak 57 persen lebih.

"Tentu tahun ini kami akan berusaha aga masyarakat yang ikut dalam program KB atau terlayani KB lebih dari 57 persen," kata dia pula.

Menurutnya, sekarang ini banyak pasangan suami istri yang sudah pintar dalam mengatur masa suburnya, sehingga mereka tidak menggunakan alat KB.

"Jadi masih banyak juga pasangan yang hanya memakai kondom atau karet pengaman guna menunda kehamilan dengan menghitung masa suburnya. Nah hal ini kami tidak bisa intervensi agar mereka mau ikut program KB," kata dia lagi.