Bagikan:

TARAKAN - Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal Arifin Paliwang dikenalkan salah satu karya anak bangsa yakni Fondasi Konstruksi Sarang Laba-Laba (FKSLL) oleh Komisaris Utama PT Katama Suryabumi Said Saile.

“Beliau (Gubernur) sangat welcome, positif merespons apa yang telah disampaikan oleh tim. Kemudian dari peserta yang dihadiri kepala dinas, mereka menganggap bahwa konstruksi ini sangat tepat dipakai di Kaltara karena sesuai dengan kondisi tanah, dan waktu pembangunannya lebih cepat dan efisien,” kata Said Saile di Tanjung Selor, Bulungan, dilansir ANTARA, Minggu, 6 Februari.

Kedatangannya menemui Gubernur Zainal pada hari Kamis (2/2) untuk memperkenalkan salah satu karya anak bangsa yakni FKSLL.

Dia menjelaskan FKSLL ini merupakan kombinasi konstruksi beton pipih di sekeliling bangunan dan di tengah bangunan yang disebut rib.

Fondasi ini diperuntukkan bangunan tanggung dua sampai delapan lantai, bandara, jalan, dan sebagainya.

“Sebagai pengalaman, Apron Bandara Juwata Tarakan juga menggunakan konstruksi sarang laba-laba,” katanya.

Dari segi pembiayaan dan waktu, KSLL dianggap lebih efisien diterapkan di Kaltara, karena material yang digunakan cukup mudah didapatkan di Kaltara. Untuk keunggulannya sendiri, fondasi ini diklaim tahan terhadap gempa.

“Kita coba mengembangkan untuk daerah Kaltara ini. Karena kondisi untuk bangunan-bangunan di Kaltara yang seharusnya menggunakan fondasi dalam," katanya.

Fondasi dalam itu materialnya seperti tiang pancang yang harus didatangkan dari luar daerah, sehingga memerlukan waktu mobilisasi yang cukup lama.

"Selain daripada itu, biayanya juga lebih hemat daripada tiang pancang bisa menghemat 10-30 persen dibandingkan konstruksi konvensional, tergantung kondisi tanahnya,” katanya.