Harimau yang Masuk Perangkap Usai Serang Warga di Aceh Selatan Luka Parah
Tim Medis BKSDA Aceh menangani luka harimau masuk perangkap di Kabupaten Aceh Selatan, Minggu (5/2/2023). ANTARA/Risky Hardian Saputra

Bagikan:

BANDA ACEH - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) menyatakan harimau sumatra (panthera tigris sumatrae) yang masuk kandang perangkap di Kabupaten Aceh Selatan mengalami luka parah.

Rosa Rika Wahyuni, tim medis BKSDA Aceh, mengatakan, ada empat titik luka berat yang dialami harimau tersebut. Harimau tersebut berkelamin betina dengan umur diperkirakan tiga hingga empat tahun.

"Tim sudah menangani luka tersebut. Ada empat luka parah dialami harimau tersebut dengan kedalaman hingga 10 centimeter. Kondisi harimau tersebut dalam keadaan baik," kata Rosa Rika Wahyuni dilansir ANTARA, Minggu, 5 Februari.

Luka yang dialami harimau tersebut karena terkena benda tajam. Titik luka tersebut di wajah kiri, kepala, punggung, dan tubuh bagian belakang.

"Dari empat luka tersebut, dua di antaranya luka lama. Sedangkan luka di kepala cukup parah, sudah terlihat tengkoraknya. Begitu juga di wajah kiri, hingga ke tulang," kata Rosa.

Luka tersebut diduga karena perlawanan saat satwa dilindungi itu menyerang warga beberapa waktu lalu.

Harimau tersebut masuk kandang perangkap setelah menyerang sejumlah warga di kawasan hutan Gunung Simpali, Desa Koto, Kecamatan Kluet Tengah, Kabupaten Aceh Selatan.

Setelah masuk perangkap, satwa dilindungi tersebut dievakuasi dari hutan tersebut melalui sungai dan dibawa ke Kantor Taman Nasional Gunung Leuser di Tapaktuan, ibu kota Kabupaten Aceh Selatan.

Sebelumnya, dua petani dan seorang tim patroli kehutanan mengalami luka berat diserang harimau di kawasan hutan Gunung Sampali, Gampong Koto, Kecamatan Kluet Tengah, Kabupaten Aceh Selatan.

Serangan satwa dilindungi tersebut terjadi dua kali, pertama pada Sabtu (28/1) dengan korban tim patroli kehutanan bernama Rusdianto. Serangan kedua terjadi pada Rabu (1/2) dengan korban ayah dan anak, Amrizal (65) dan Hafifi Yunanda (29).

Ketiga korban mengalami sejumlah luka di sekujur tubuh setelah diserang harimau. Saat ini, ketiga korban dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yuliddin Away di Tapaktuan, ibu kota Kabupaten Aceh Selatan.