Ribuan Liter Pertalite Gratis Bagi Jemaah Haul Guru Sekumpul
Pembagian minyak gratis bagi jamaah haul ke-18 Guru Sekumpul Martapura di Kota Banjarbaru bagi kendaraan bermotor, Minggu )29/1/2023). (ANTARA/Sukarli)

Bagikan:

BANJARMASIN - Ribuan liter bahan bakar minyak jenis pertalite dibagikan secara gratis, sejak Jumat (27/1) hingga Minggu, untuk kendaraan bermotor jemaah yang datang ke acara Haul Akbar Guru Sekumpul atau KH Muhammad Zaini bin Abdul Gani yang ke-18 di Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalsel.

Pembagian minyak pertalite gratis tersebut dilakukan relawan di Jalan A Yani Kota Banjarmasin atau depan Al Rumi Cake untuk ribuan kendaraan jemaah Haul Guru Sekumpul yang melintas.

"Satu sepeda motor dapat minyak dua botol bekas air mineral ukuran 600 mililiter," ujar Ahmad, relawan pembagi pertalite tersebut dilansir ANTARA, Minggu, 29 Januari. 

Menurut dia, pembagian minyak gratis di depan Al Rumi Cake Banjabaru ini dilakukan sejak Jumat (27/1) bagi jemaah haul yang terus berlangsung hingga hari Ahad ini dengan jumlah ribuan liter.

"Untuk hari ini saja, lebih dari 2.000 liter pertalite kami bagikan gratis," ujarnya.

Selain pembagian minyak di sepanjang jalan A Yani dari Kota Banjarmasin hingga Banjarbaru, banyak relawan lainnya juga membagikan paket makanan, seperti nasi dengan lauknya, roti hingga air mineral.

Selain itu, ada pula layanan tambal ban gratis, peristirahatan gratis dan lainnya.

Puncak acara Haul Guru Sekumpul dilaksanakan Minggu malam ini di Mushola Ar-Raudhah Sakumpul sejak sholat Magrib berjamaah ahad petang, sholawat, berzikir, berdoa hingga sholat isya berjamaah dan selesai.

Jika melihat Haul Akbar Guru Sekumpul sebelumnya, jamaah yang hadir diperkirakan ratusan ribu, bahkan ada yang berpendapat lebih satu juta orang, sebab lautan manusia tergambar beberapa kilometer dari titik utama acara peringatan setelah meninggal dunia dengan tujuan utama kirim doa tersebut.

Guru Sekumpul lahir di Tunggul Irang, Martapura, Kabupaten Banjar, pada tanggal 11 Februari 1942 M atau 27 Muharram 1361 H.

Guru Sekumpul wafat pada 10 Agustus 2005 atau bertepatan bertepatan 5 Rajab 1426 Hijriah dalam usia 63 tahun.