Kronologi Rumah Jaksa KPK Dibobol Maling
Kronologi Rumah Jaksa KPK Dirampok (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Nasib kuran mujur tengah menimpa Jaksa KPK yang berinisial FAN. Pasalnya, di kediamannya di bilangan Wirobrajan, Yogyakarta kemlingan pada Sabtu, 24 Desember 2022, sekitar jam 15.00 WIB dibobol maling. Kerugian materinya berupa tas ransel berisi laptop dan berkas-berkas miliknya yang raib dibawa pelalu. Lalu, bagaimana kronologi rumah jaksa KPK dibobol maling?

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri ketika dimintai konfirmasi membetulkan bahwa rumah yang dibobol maling itu milik jaksa KPK berinisial FAN.

"Kabar yang kami dapatkan benar (rumah jaksa KPK disatroni pencuri). Kami tentu ingin pelaku langsung diringkus," kata Ali Fikri terhadap wartawan dikala dihubungi lewat pesan singkat, Senin (26/12/2022).

Siang Hari

Kasi Humas Polresta Yogyakarta AKP Timbul Sasana Raharjo menerangkan kronologinya bermula pada Sabtu (24/12), pukul 14.40 WIB. Ketika itu sahabat istri korban hendak mengantar paket ke rumah FAN di kawasan Jalan Arjuno, Wirobrajan, Kota Yogyakarta.

Sesampai di rumah FAN, kenalan istri FAN mendapati pintu rumah itu telah dalam kondisi terbuka. Ia kemudian memanggil pemilik rumah.

"Pintu dalam rumah dalam kondisi telah terbuka, sesudah dipanggil-panggil tak ada yang keluar, kemudian menelepon istri korban. Berikutnya istri korban menelepon saksi untuk mengecek rumahnya," ujar Timbul lewat keterangan tertulis.

Disinggung apakah ada hasil rekaman CCTV yang diperiksa, dia belum tahu secara pasti. Tapi, dia memastikan, kalau di sekitar rumah korban terdapat CCTV, pasti telah dijalankan pemeriksaan. "Kalaupun ada (CCTV), pasti telah (diperiksa)," ujarnya.

Kesaksian Ketua RT

Ketua RT setempat menyebut pelaku merupakan maling istimewa sebab lingkungannya tergolong aman dan tidak pernah kemalingan di siang hari.

Ketua RT 19 RW 04, Kelurahan Wirobrajan, Saptadi menjelaskan sekiranya wilayah sekitar daerah tinggal korban dilengkapi CCTV di sekitar rumah korban. Apalagi kejadian pencurian terjadi pada siang hari. Dia menyebut maling di rumah korban itu termasuk maling istimewa.

"Sini itu relatif aman. Orang kan akan mikir dua kali. Jadi istilahnya ini maling istimewa," ujar Saptadi ketika dijumpai wartawan di rumahnya, Senin (26/12/2022).

"Lagi ini lho, ada kejadian siang hari bolong. Jam 2-an, jam tidur siang," tambahnya.

Saptadi mengatakan sesudah kejadian pihak kepolisian yang datang menjalankan penelusuran di rumah korban juga mengamankan CCTV.

"Telah diserahkan ke kepolisian, mengantar pak polisi yang ada CCTV, aku nganter kan kulonuwun. Diamati ada (yang) di-unduh. Pak polisi meminta dua atau tiga," ujarnya.

Digambarkan Saptadi, ada sebagian kamera CCTV yang terpasang di sekitar rumah korban. "Ada di samping-samping rumah ada depan itu ada," tambahnya.

Jadi setelah mengetahui kronologi rumah jaksa kpk dirampok, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!