Kali Krukut Meluap, 2 RT di Cilandak Timur Banjir Hingga 1,6 Meter
ILUSTRASI/Kali Krukut/DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sebagian wilayah di Jakarta menyebabkan banjir pada sejumlah titik. Banjir tersebut juga menyebabkan Kali Krukut meluap.

"Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat saat ini terdapat 2 RT atau 0,007 persen dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangannya, Jumat, 16 Desember.

2 RT yang terendam banjir tersebut berada di Kelurahan Cilandak Timur, Jakarta Selatan dengan ketinggian 1,3 meter hingga 1,6 meter. Penyebabnya adalah curah hujan tinggi dan luapan Kali Krukut.

Saat ini, sebanyak 56 orang dari 14 keluarga mengungsi di Musala Al Makmuriah lantaran rumahnya terendam banjir.

Selain itu, BPBD DKI juga mencatat satu pohon tumbang di Jalan Karang Tengah Raya, Kelurahan Lebak Bulus, Kecamatan Cilandak pada pukul 13.20 WIB.

Penyebabnya adalah hujan disertai angin kencang. Pohon tumbang ini menimpa kabel PLN, namun tidak mengakibatkan aliran listrik putus.

"Upaya penanganan saat ini sudah selesai ditangani oleh 1 Unit TRC BPBD, 1 Unit Sudin Pertamanan dan 1 Unit PPSU," ujar Isnawa.

BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur satuan kerja perangkat daerah (SKPD) DKI lainnya untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat.

"Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat. BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan," imbuhnya.