Perkenalkan Gunung Boga Sebagai Lokasi Sport Tourism, Disporpar Paser Gelar Festival Paralayang
Festival Paralayang di Gunung Boga, Paser, Kaltim (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser, Kaltim, menggelar festival paralayang pada 10-11 Desember 2022 di kawasan wisata Gunung Boga yang berada di Desa Luan Kecamatan Muara Samu.

"Festival paralayang tersebut bertujuan untuk memperkenalkan Gunung Boga sebagai lokasi sport tourism atau pariwisata olahraga," kata Kepala Disporapar Kabupaten Paser Muksin di Tanah Grogot, dikutip Antara, Minggu.

Selain itu, katanya, kegiatan festival paralayang digelar untuk memeriahkan HUT ke-63 Pemerintah Kabupaten Paser.

Kegiatan itu akan diikuti sebanyak 12 atlet paralayang di kawasan yang dikenal dengan gunung embun, baik atlet dari Kaltim maupun mancanegara.

Saat ini, ucapnya, Disporapar Paser bersama perusahaan pengembang sedang melakukan proses penataan lokasi dan pembersihan pepohonan di sekitar area pendaratan paralayang.

Muksin juga menjelaskan, Gunung Boga merupakan lokasi yang sangat cocok untuk kegiatan olahraga Paralayang di Provinsi Kaltim.

Hal itu karena lokasi Gunung Boga mudah diakses para atlet untuk kegiatan paralayang.

"Lokasinya mendukung untuk melakukan take off (lepas landas) serta posisi landing (mendarat) yang cukup luas," katanya.

Dia berharap pada tahun 2023 dapat kembali dilakukan kegiatan paralayang di kawasan wisata tersebut, serta dibentuk Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Cabang Paser.

"Atlet-atletnya kita harapkan bisa dilatih dari warga setempat, sementara ini masih inventarisasi atlet, semoga FASI juga bisa dibentuk di Paser," harap Muksin.

Muksin terus berharap dengan adanya festival paralayang nantinya sebagai momen untuk memperkenalkan Kabupaten Paser secara luas ke tingkat nasional, dan keberadaannya sebagai lokasi pariwisata olahraga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat dan pemerintah daerah.