Blusukan Cek Harga Minyak Goreng, Bawang Merah dan Putih, Jokowi Puji Pemda Pontianak yang Baik Tangani Inflasi
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan usai menyerahkan bantuan sekaligus meninjau harga bahan pangan/ANTARA

Bagikan:

PONTIANAK - Presiden Joko Widodo blusukan mengecek harga bahan pangan dan menyerahkan bantuan berupa tambahan modal kerja bagi para pedagang di Pasar Kemuning, Pontianak, Kalimantan Barat hari ini. 

"Tiap ke daerah saya selalu masuk ke pasar untuk mengecek harga, selain memberikan tambahan modal kerja, yang penting mengecek harga. Inflasi seperti apa, kenaikan barang dan jasa ada enggak," kata Jokowi di Pasar Kemuning, Pontianak dikutip via Antara, Selasa, 29 November.

Di Pontianak, Jokowi mengapresiasi kerja pemerintah daerah yang baik dalam mengendalikan inflasi di daerah. Hal tersebut terlihat dari harga bahan pangan, seperti bawang merah dan bawang putih, yang menurun, serta harga minyak goreng yang stabil di pasaran.

"Saya tanya tadi ke Pak Wali Kota (Pontianak Edi Rusdi Kamtono), inflasi seperti apa, (katanya) di Pontianak di bawah 5 (persen). Itu baik, di bawah nasional, sangat bagus," tambah Jokowi.

Dia juga menjelaskan bahwa kenaikan harga barang dan jasa menjadi masalah yang dihadapi semua negara. Oleh karena itu, dia mendorong jajaran pemerintah daerah dapat berkoordinasi dan bekerja bersama dengan Pemerintah pusat dalam mengendalikan inflasi.

"Kita ini kan berusaha agar yang namanya inflasi bisa kita kendalikan, bisa kita kelola, sehingga turun terus. Kita harapkan itu," ujar Jokowi.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam peninjauan ke Pasar Kemuning ialah Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, dan Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono.