BPBD dan Pemkab Cianjur Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur
Petugas menurunkan bantuan logistik untuk korban gempa Cianjur/ Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pemerintah Kabupaten Cianjur di Provinsi Jawa Barat mengerahkan petugas untuk menyalurkan bantuan pangan dan peralatan bagi warga yang terdampak gempa bumi di wilayah Kecamatan Gekbrong dan Mande.

Menurut keterangan tertulis BNPB yang diterima di Cianjur, Minggu, bantuan yang disalurkan ke Kecamatan Gekbrong meliputi 200 bungkus beras, 200 bungkus gula pasir, 400 kaleng ikan, 200 bungkus minyak goreng, 200 selimut, 200 ember plastik, 200 gayung plastik, dan 200 tikar.

Bantuan yang disalurkan bagi korban gempa di Kecamatan Mande terdiri atas 500 kg beras, 50 dus mi instan, 40 galon air mineral, tujuh dus biskuit, 10 dus bumbu instan, satu dus sarden, satu dus paket lauk, 62 tikar, 25 dus popok, 20 paket kebersihan, 50 potong pakaian, 20 lusin pakaian, lima dus pembalut, satu karung selimut, dan dua karung baju wanita.

"Tim posko mendistribusikan bantuan dari gudang logistik di Bale Rancage Cianjur," kata Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, dikutip dari Antara, Minggu, 27 November.

Abdul mengatakan bahwa petugas juga mengirim bantuan tiga dus mi instan, lima dus air mineral, dua dus selimut, serta tikar dan sarung ke dapur umum Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur.

Koordinator Tim Penerima Logistik Pemerintah Kabupaten Cianjur Ruby mengatakan bahwa penyaluran bantuan dilakukan berdasarkan permohonan yang diajukan oleh pemerintah kecamatan yang wilayahnya terdampak gempa bumi.

"Permohonan dari kecamatan lebih dulu diverifikasi oleh tim logistik di posko utama pendopo bupati, kemudian kami cek di gudang dan mendistribusikan," katanya.

Dia mengapresiasi dukungan BNPB dalam penyaluran bantuan logistik ke wilayah-wilayah kecamatan yang terdampak gempa bumi.

"Pada hari pertama sampai ketiga pasca-gempa cukup sulit untuk disalurkan ke kecamatan, namun saat ini distribusi bantuan didukung oleh mobil pikap dan truk dari BNPB," katanya.

Bantuan untuk korban gempa disimpan di gudang logistik Bale Rancage dan Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur.

Pendistribusian bantuan bagi korban gempa melibatkan organisasi-organisasi perangkat daerah di Kabupaten Cianjur, termasuk BPBD, Dinas Sosial, Satuan Polisi Pamong Praja, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Dinas Perizinan, Dinas Perikanan dan Peternakan, Dinas Pertanian, Dinas Industri dan Perdagangan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, serta Taruna Siaga Bencana.