Australia Daftar Tuan Rumah Olimpiade 2032, Saingan Indonesia Semakin Sulit
Ilustrasi (Unsplash/Kyle Dias)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu negara bagian di Australia, Queensland, mengajukan Kota Brisbane menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Itu artinya, saingan Indonesia untuk memperebutkan posisi menjadi tuan rumah ajang lomba olahraga tingkat dunia itu semakin ketat.

Mengutip Reuters, Rabu 9 Desember, Menteri Utama Queensland, Annastacia Palaszczuk, mengatakan dia akan membahas pengaturan pendanaan Olimpiade dengan Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison. Ia akan melakukan pembicaraan tersebut pada pertemuan kabinet nasional yang diselenggarakan pada Jumat 11 Desember. Usaha tersebut sempat tertunda selama enam bulan karena pandemi COVID-19. 

"Ini adalah kemitraan, jadi ada kesepakatan bahwa kedua pemerintah akan memberikan dana untuk itu (Olimpiade), jadi saya senang bisa berdiskusi lebih lanjut dengan Perdana Menteri," kata Palaszcuk.

Kata Palaszcuk, gugus tugas Olimpiade Queensland akan berkumpul kembali pada 2021 untuk mengerjakan proyek Olimpiade. Semua pihak terkait akan bertemu di Brisbane yang juga akan melibatkan acara pementasan di Gold Coast dan Sunshine Coast di dekatnya.

Persaingan ketat

Sejumlah negara telah menyatakan minatnya untuk mengajukan penawaran untuk Olimpiade 2032, termasuk Indonesia. Negara lainnya yang telah melakukan pengajuan sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 adalah Jerman, Spanyol, India, dan pengajuan bersama Korea Utara dan Korea Selatan.

"Tawaran kami dibandingkan dengan negara lain adalah tawaran yang sangat kuat," kata pemimpin Komite Olimpiade Australia John Coates.

“Yang terpenting adalah dukungan dari tiga tingkat pemerintahan, dukungan masyarakat yang baik, dan fakta waktunya adalah kesempatan yang tepat untuk keluar dari COVID-19 dan menciptakan lapangan kerja serta menciptakan pertumbuhan. Ini adalah tujuan yang baik yang akan membuat IOC terkesan.”

PM Ausstralia bertemu dengan ketua Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach di Jepang pada November. Mereka membahas tawaran Brisbane untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 dan membicarakan Olimpiade Tokyo yang ditunda akibat pandemi COVID-19. Paris menjadi tuan rumah Olimpiade 2024 dan Los Angeles dikonfirmasi untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2028.

Awal November, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) secara resmi memerintahkan kabinetnya untuk mulai menyiapkan peta jalan bagi upaya Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Dalam rapat kabinet pada 4 November, Presiden Jokowi menginstruksikan para pejabat untuk mempersiapkan tawaran Jakarta untuk Olimpiade sebelum Komite Olimpiade Internasional (IOC) memulai proses seleksi tuan rumah pada 2023.

Seperti yang dikatakan Jokowi kepada kabinet, tawaran tersebut dimaksudkan untuk melanjutkan keberhasilan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018, yang telah meningkatkan kepercayaan diri dan membuka mata dunia bahwa Indonesia mampu menyelenggarakan acara internasional. Jokowi pertama kali mengisyaratkan niatnya untuk mengajukan penawaran melalui surat kepada IOC pada awal 2019.