Bagikan:

JAKARTA – Data pasien Puskemas Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat berserakan di Jalan Gatot Subroto, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Minggu kemarin, 30 Oktober. Hal ini diketahui warga yang melintas di jalan tersebut.

Nuri, 21 salah satu pengendara sepeda motor, mengatakan, dirinya sengaja memberhentikan kendaraannya untuk mengecek ceceran kertas di Jalan Gatot Subroto. Setelah dicek, berkas-berkas tersebut berasal dari Puskesmas Kecamatan Tanah Abang.

Kepala Puskesmas Kecamatan Tanah Abang, Ovi Norfiana mengatakan data pasien yang tercecer di Jalan Gatot Subroto, Tanah Abang, Jakarta Pusat merupakan data pasien Puskemas Kelurahan Gelora.

Dokumen yang berserakan di jalan merupakan data pasien Puskesmas Tanah Abang/ Foto; IST

"Data tersebut memang data pasien Kelurahan Gelora. Tapi itu hanya dua saja data pasien dan sisanya brosur - brosur," ucap Ovi Norfiana saat dihubungi wartawan, Senin, 31 Oktober.

Ovi mengatakan, data tersebut memang mau dimusnahkan karena sudah melewati 2 tahun dan itu sesuai Standard Operating Procedure (SOP). Data tersebut juga sudah beralih ke - E - medical record.

"Semua data yang tercecer kemarin sudah kita ambil. Data pasien sudah kita musnahkan dengan mesin pencacah dan data lainnya kita buang ke tempat pembuangan sampah," ujarnya.

Ovi mengatakan, saat ini pihaknya juga telah melakukan pembinaan terhadap petugas yang membawa data tersebut hingga tercecer di jalan. Dipastikan petugas yang membawa bukan Pegawai Negeri Sipil.

"Tengah kita lakukan pembinaan terhadap petugas tersebut. Kami juga berkomitmen melindungi data pasien," ujarnya.