Inilah 6 Jembatan Terpanjang di Indonesia yang Panjangnya Mencapai Ribuan Meter
Ilustrasi jembatan terpanjang di Indonesia (Pinterest).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Jembatan merupakan infrastruktur yang dibangun untuk menyeberangi jurang atau rintangan seperti sungai, rel keret api ataupun jalan raya. Di Indonesia, ada beberapa jembatan dibangun dengan panjang mencapai ribuan meter, karena jarak antar-wilayah yang disambungkan terkadang jauh. Seperti halnya proyek jembatan Batam-Bintan sepajang 14,7 kilometer dan digadang-gadang bakal menjadi jembatan terpanjang di Indonesia.

Dikutip dari laman resmi Kemenkeu, proyek Jembatan Batam-Bintan masuk dalam major project rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2020-2024. Jembatan ini diharapkan sudah bisa beropresi pada 2025.

Nah, sebelum proyek jembatan Batam-Bintan rampung, ada beberapa jembatan yang memegang predikat sebagai jembatan terpanjang di Indonesia.

6 Jembatan Terpanjang di Indonesia  

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, berikut deretan jempatan terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai ribuan meter:

  1. Jembatan Suramadau
Jembatan Suramadu (Kominfo)
Jembatan Suramadu 

Jembatan yang menghubungkan wilayah Surabaya dan Madura ini memiliki empat lajur dua arah selebar 3,5 meter duan dua lajur darurat selebar 2,75 meter. Selain itu, Jembatan Suramadu juga menyediakan lajur khusus bagi pengendara sepeda motor di setiap sisi luar jembatan.

Jembatan Suramadu dibangun dengan tiga bagian, meluputi jembatan layang, jembatan penghubung, dan jembatan utama.

  1. Jembatan Pasupati
Jembatan Pasupati
Jembatan Pasupati (Dok. Humas Jabar

Jembatan Pasupati adalah penghubung jalan Terusan Pasteur dan Jalan Surapati serta melewati Cikapundung.

Jembatan ini memiliki panjang 2,8 kilometer dan lebar 21,53 kilimeter. Proyek pembangunan jembatan yang menjadi ikon Kota Bandung ini sedianya sudah dilakukan sejak 1920-an. Hanya saja proyek tersebut terbengkalai dan baru bisa digunakan pada Juni 2005.

Saat ini, Jembatan Pasupati telah berganti nama menjadi Jalan Layang Prof Mochat Kusumaatmadja.

  1. Jembatan Siak Tengku Agung Sultanah Latifah
Jembatan Siak Tengku Agung Sultanah Latifah (Wikipedia)
Jembatan Siak Tengku Agung Sultanah Latifah (Wikipedia)

Jembatan ini memiliki panjang 1,196 kilometer dan lebar 16,95 meter. Jembatan Siak Tengku Agung Sultanah Latifah dibangun di atas Sungai Siak, Riau.

Jembatan ini merupakan infrastruktur penghubung Kabupaten Siak dan Kota Siak Sri Indrapura. Proyek Jembatan Siak Tengku Agung Sultanah Latifah dibangun sejak 2002 dan diresmikan pada 11 Agustus 2007.

  1. Jembatan Merah Putih
Jembatan Merah Putih (Dispar Maluku).
Jembatan Merah Putih (Dispar Maluku).

Jembatan yang membentang sepanjang 1,140 kilometer menghubungkan Desa Rumah Tiga (Poka) di Kecamatan Sirimau pada sisi utara dan Desa Hative Kacil/Halala di Kecamatan Teluk Ambon pada sisi selartan.

Berkat jembatan Merah Putih, waktu tempuh dari Bandara Pattimura ke Pusat Kota Ambon menjadi lebih cepat.

Pembangunan Jembatan Merah Putih membutuhkan waktu 7 tahun. Jembatan ini dibangun pada 17 Juli 2011 dan diresmikan pada 4 April 2016.

  1. Jembatan Ampera
Jembatan Ampera (Dok. Pemprov Palembang )
Jembatan Ampera (Dok. Pemprov Palembang )

Jembatan Ampera memiliki panjang 1,117 kilometer dengan lebar 22 meter. Jembatan ini membentang di atas Sungai Musi dan menghubungkan daerah seberang Ulu dan seberang Ilir.

Jembatan Ampera adalah jembatan tertua jika disandingkan dengan empat jembatan sebelumnya. Proyek Jembatan Ampera mulai dikerjakan pada April 1962 dan selesai pada 1965.

  1. Jembatan Barito
Jembatan Barito (Dok. Data Jembatan).
Jembatan Barito (Dok. Data Jembatan).

Jembatan Barito membentang sepanjang 1,082 kilometer dan melintasi sungai Barito dan pulau kecil (pulau Bakut).

Jembatan ini diresmikan tahun 1997 oleh Presiden Soehato. Kala itu, Jembatan Barito berhasil memecahkan rekor Muri sebagai jembatan gantung terpanjang di Indonesia.

Jembatan Barito menghubungkan Kalimantan Selatan dan Tengah. Jembatan ini juga menjadi tempat wisata di Kabupaten Barito Kuala, Banjarmasin, dan Kalimantan Selatan.  

Demikianlah informasi enam jembatan terpanjang di Indonesia. Manakah yang sudah pernah Anda kunjungi?