Pertamina Bantah Ada Ledakan dan Kebakaran di SPBU Tapak Kuda Kendari
SPBU Tapak Kuda Kendari/ Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - PT. Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi menyebut tak ada insiden kebakaran ataupun ledakan di SPBU Tapak Kuda di Jalan ZA Sugianto Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Humas PT. Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi Taufik Kurniawan, mengutip berita Antara, Minggu, 7 Agustus, menepis isu adanya insiden ledakan di SPBU Tapak Kuda Kendari pada Sabtu, 6 Agustus, sekitar pukul 17.00 WITA.

"Jadi setelah kami investigasi mandiri itu tidak benar terjadi ledakan atau kebakaran. Di pompa Pertamax dan Dexlite itu terjadi korsleting listrik yang menimbulkan asap," katanya.

Dia menjelaskan, di Pompa Pertamax dan Dexlite tersebut terjadi korsleting listrik yang menimbulkan asap namun tidak menimbulkan ledakan.

Atas kejadian itu, seketika operator menyalakan tombol emergency yang ada di mesin pompa dispenser tersebut. Kemudian disemprotkan alat pemadam kebakaran (APAR) untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Sehingga kalau di video amatir itu ada kepulan asap putih-putih, itu adalah APAR yang disemprotkan ke pompa tersebut," jelasnya.

Taufik juga menambahkan, dalam peristiwa tersebut tidak ada unsur sabotase namun murni akibat kerusakan biasa yaitu korsleting listrik pada bagian mesin pompa pengisian BBM.

"Saat ini teknisi sedang melakukan perbaikan sekaligus penyelidikan terkait penyebab korsleting tersebut yang perlu dilakukan maintenance. Kita berupaya melakukan perbaikan secepat mungkin sehingga SPBU Tapak Kuda dapat beroperasi secara normal kembali," ujar dia.

Sebelumnya, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Tapak Kuda di Jalan ZA Sugianto Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) sempat terbakar akibatnya arus pendek listrik di salah satu mesin dispensernya.

Kapolresta Kendari Kombes Pol Muhammad Eka Faturrahman melalui pesan singkat mengatakan insiden itu terjadi pada Sabtu, 6 Agustus sekitar pukul 17.10 WITA, namun petugas SPBU dengan cepat mengatasi kobaran api dengan alat pemadam kebakaran.