Kondisi 2 Kampung Terdampak Cuaca Ekstrem Embun Beku di Lanny Jaya Papua Berangsur Pulih, Warga Masih Butuh Bantuan
Kondisi masyarakat di dua Kampung Distrik Kuyawage Kabupaten Lanny Jaya, Papua berangsur-angsur pulih akibat mengalami cuaca ekstrem./DOK Humas Polda Papua

Bagikan:

JAYAPURA - Kondisi masyarakat di dua Kampung Distrik Kuyawage Kabupaten Lanny Jaya, Papua berangsur-angsur pulih akibat mengalami cuaca ekstrem.

Kabid Humas Polda Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kama mengatakan secara umum situasi di Lanny Jaya hingga saat ini masih dalam keadaan aman kondusif.

Upaya penanganan bencana alam embun beku/hujan es masih terus dilakukan oleh pemerintah pusat, provinsi Papua serta pemerintah daerah Kabupaten Lanny Jaya.

“Dilaporkan bahwa fenomena embun beku mulai masuki fase pengurangan intensitas, hal demikian dirasakan gejala yang  sama oleh masyarakat  seperti yang pernah terjadi pada tahun 2015 silam,” ujar Kombes Kamal, Jumat, 5 Agustus.

Kombes Kamal menjelaskan kondisi masyarakat saat ini mulai kembali normal.

“Namun demikian masyarakat masih membutuhkan bantuan bahan makanan/Sembako hingga perekonomian (hasil bercocok tanam) dapat pulih kembali," katanya.

Kondisi masyarakat di dua Kampung Distrik Kuyawage Kabupaten Lanny Jaya, Papua berangsur-angsur pulih akibat mengalami cuaca ekstrem./DOK Humas Polda Papua

 

Sementara langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Pemda Lanny Jaya dan didukung oleh Polres Lany Jaya yakni mengirimkan bantuan awal dengan cepat.

“Bantuan berupa 8,9 ton beras dan obat-obatan serta tenaga medis telah dikirim untuk mengatasi dan mengantisipasi terjadinya kekurangan bahan makanan dan gangguan kesehatan pada masyarakat di lokasi terdampak bencana," sambung Kombes Kamal.

Saatt ini masyarakat masih membutuhkan bahan makanan dan juga air bersih serta obat-obatan (vitamin) untuk daya tahan tubuh mengantisipasi penurunan stamina pasca bencana.

“Air bersih sangat dibutuhkan terutama untuk dikonsumsi (diminum) mengingat telah ada himbawan dari dinas kesehatan Kabupaten Lanny Jaya Khususnya untuk air yang akan dikonsumsi agar dimasak/direbus terlebih dahulu, hal demikian dimaksudkan agar air yang dikonsumsi oleh warga terhindar dari bakteri yang berasal dari cairan bekuan es pasca bencana,” kata Kombes Kamal.

Saat ini dibuka posko tanggap darurat yang berlokasi di Bandara Tiom Lanny Jaya telah menerima bantuan yang akan masuk dan siap untuk didistribusikan ke masyarakat terdampak bencana.

“Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya dan aparat TNI/Polri Sampai saat ini terus berkoordinasi dan memantau setiap perkembangan dari lokasi terdampak," kata Kombes Kamal.