Istana Gelar Rangkaian Acara Peringatan Kemerdekaan Sepanjang Agustus: Mulai dari Zikir Kebangsaan, Pameran Sampai Diskon Belanja
Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg) Setya Utama/Via ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg) Setya Utama menjelaskan rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia sepanjang Agustus 2022.
 
"Jadi kami sudah menyusun agenda bulan kemerdekaan yang akan kita laksanakan di istana dan juga di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara, sebagian bisa diikuti oleh masyarakat secara luas, sebagian lagi internal kami. Pada hari pertama seperti biasa kita adakan konferensi pers untuk menjelaskan kegiatan-kegiatan di bulan kemerdekaan tadi disampaikan oleh Pak Ketua Penyelenggara, Pak kasetpres," kata Setya Utama dalam konferensi pers di kantor Kemensesneg Jakarta, Antara, Senin, 1 Agustus. 
 
Konferensi pers tersebut dihadiri oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Kemensesneg Setya Utama dan Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.
 
"Nanti malam (1 Agustus) akan diselenggarakan Zikir Kebangsaan di Istana Merdeka diikuti oleh para tokoh lintas agama di Istana Merdeka," ungkap Setya Utama.
 
Selanjutnya pada 13-22 Agustus 2022 akan dilaksanakan pameran arsip dan mobil kepresidenan di Sarinah Thamrin bekerja sama dengan PT Sarinah.
 
"Nah di arsip kepresidenan ini nanti akan banyak hal-hal baru yang akan kita pamerkan. Temanya adalah 'Indonesia Menjawab', jadi kami akan memamerkan arsip berupa dokumentasi foto, video, dan juga dokumen-dokumen yang barang kali masyarakat belum pernah melihat itu dan kita akan lebih menekankan bagaimana tujuh orang presiden menjawab krisis dan tantangan di zamannya masing-masing," tambah Setya.
 
Mobil-mobil yang pernah dipakai oleh Presiden Soekarno sampai Presiden Jokowi itu dipamerkan dan masyarakat dapat berfoto di depan mobil tersebut secara gratis di "rooftop" Sarinah.
 
Selanjutnya pada 10 Agustus 2022 akan ada peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional.
 
"Kemudian upacara peringatan Hari Pramuka ke-61 di Istana Negara pada 11 Agustus, dilanjutkan hari berikutnya pada 12 Agustus ada upacara penganugerahan tanda kehormatan Republik Indonesia di Istana Negara," ungkap Setya.
 
Kemudian pada 15 Agustus 2022 akan diadakan pengukuhan pasukan pengibar bendera pusaka atau Paskibraka di Istana Negara.
 
"Selanjutnya ada ini yang menarik buat terutama ibu-ibu dan semua masyarakat, ada hari belanja diskon Indonesia yang dimulai tanggal 15 Agustus," tambah Setya.
 
Pada 16 Agustus 2022 akan dilaksanakan penyampaian pidato kenegaraan dan pidato Rancangan Undang-undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RUU APBN) tahun 2023 di Gedung MPR DPR dan DPD RI.
 
Sedangkan pada 16 Agustus malam akan dilaksanakan apel Kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata.
 
"Tentu saja acara intinya di tanggal 17 Agustus seperti tadi sudah disampaikan oleh Pak Ketua penyelenggara, bapak Kasetpres," kata Setya.
 
Istana akan melakukan dua kali upacara yaitu upacara kenaikan bendera Merah Putih yang rangkaiannya dimulai pada 17 Agustus 2022 pukul 09.45 WIB dengan mengundang sekitar 1000-2000 warga menyaksikan langsung di Istana Merdeka dan pada sore hari mulai sekitar pukul 15.00 WIB dimulai rangkaian penurunan bendera Merah Putih dengan sekitar 3000 masyarakat yang dapat mengikuti langsung.
 
Pada 18 Agustus 2022 akan ada peringatan Hari Konstitusi di Gedung MPR/DPR RI.
 
"Sebagai penutup di Taman Mini Indonesia Indah akan dilaksanakan festival dan ini juga akan digabungkan antara peringatan kemerdekaan dan juga kita menyambut tamu-tamu G20 nanti dengan 'Festival Rhapsody of Archipelago' di Taman Mini Indonesia Indah sambil 'soft launching' dari TMII yang sekarang sedang dibangun mudah-mudahan di akhir Agustus sudah rapi," jelas Setya.
 
 
Istana memilih tema "Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat" dalam rangkaian peringatan HUT ke-77 RI bulan Agustus 2022. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti upacara bendera 17 Agustus 2022 secara daring dapat mendaftar di lama pandang.istanapresiden.go.id. mulai 2 Agustus 2022.