Banjarbaru Kalsel Diterjang Banjir Setinggi Satu Meter
Anggota Polres Banjarbaru bersama tim SAR gabungan membantu evakuasi warga terjebak banjir di Gang Keluarga RT/RW 02/01, Kelurahan Loktabat Selatan. (ANTARA/Firman)

Bagikan:

BANJARBARU - Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, diterjang banjir setinggi satu meter di beberapa titik setelah hujan deras mengguyur sejak dini hari hingga siang hari.

"Kawasan paling parah terdampak banjir di antaranya Kecamatan Cempaka dan Kelurahan Loktabat Selatan, Kecamatan Banjarbaru Selatan hingga ada yang setinggi pinggang orang dewasa," kata Kapolres Banjarbaru AKBP Nur Khamid dilansir Antara, Senin, 4 Juli.

Untuk membantu evakuasi warga yang terjebak banjir, Polres Banjarbaru mengerahkan tim SAR dari Satuan Samapta beserta sejumlah unit sarana yang dimiliki seperti perahu karet dan sebagainya.

Patroli permukiman warga yang terdampak banjir serta monitoring debit air di seputar aliran sungai di wilayah Banjarbaru juga dilakukan hingga siang ini.

"Salah satu permukiman paling parah terdampak banjir di Gang Keluarga RT/RW 02/01, Kelurahan Loktabat Selatan. Beberapa warga sudah dievakuasi ke tempat lebih aman," jelas Khamid.

Begitu juga di Kecamatan Cempaka, personel Polres Banjarbaru bersama tim SAR gabungan dan relawan terus melakukan evakuasi terutama wanita dan anak-anak serta lansia yang jadi prioritas.

"Untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas, anggota Polantas telah siaga dan memberikan arahan kepada pengendara ketika ada pengalihan arus menghindari banjir," ujar Kapolres.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan pada Senin dipicu hujan ekstrem dengan intensitas sangat lebat di sekitar wilayah Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

Banjir akan berangsur surut seiring berkurangnya intensitas hujan dan lancarnya aliran pembuangan air menuju ke sungai.