Dari Abu Dhabi, Jokowi Berduka Atas Wafatnya Tjahjo Kumolo: Politisi yang Berpulang di Puncak Pengabdiannya
Tjahjo Kumolo/DOK VIA ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengucapkan belasungkawa atas kepergian Menteri PANRB Tjahjo Kumolo lewat akun Twitternya. Saat ini, Jokowi tengah berada di Abu Dhabi Persatuan Emirat Arab (PEA) dalam rangka kunjungan kerja.

Di Abu Dhabi, Jokowi dijadwalkan akan bertemu dengan pebisnis dan investor PEA. Pada siang harinya, Presiden Jokowi dan Presiden PEA Sheikh Mohamed bin Zayed bin Sultan. Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan dijadwalkan akan kembali ke tanah air pada sore hari nanti.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Turut berdukacita yang dalam atas berpulangnya Bapak Tjahjo Kumolo di Jakarta," kata Jokowi dalam akun Twitter jokowi, Jumat, 1 Juli.

Jokowi berdoa agar amal ibadah Tjahjo diterima di sisi Yang Maha Kuasa. Jokowi menyebut, Tjahjo meninggalkan dunia dalam puncak pengabdiannya sebagai menteri di Kabinet Indonesia Maju.

"Almarhum adalah seorang tokoh pemuda dan politisi yang berpulang di puncak pengabdiannya sebagai Menteri PANRB. Semoga segala amal ibadah alm. diterima oleh Allah SWT," ujar dia.

Selain Jokowi, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) juga mengenang sosok Tjahjo. JK menilai Tjahjo sebagai pribadi baik yang hingga akhir hayatnya mengabdikan diri kepada bangsa Indonesia

"Bapak Tjahjo Kumolo selama ini telah mengabdikan dirinya kepada negara dengan sangat baik. Innalillahi wainnailaihi raji'un, dengan hati berduka, saya menyampaikan turut berduka cita atas berpulangnya ke rahmatullah Bapak Tjahjo Kumolo," kata JK di Jakarta.

JK, yang juga Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu, mengajak seluruh masyarakat untuk mendoakan Tjahjo Kumolo agar amal dan ibadahnya selama hidup di dunia dapat diterima di sisi Allah Swt.

"Mari kita semua turut mendoakan Almarhum, semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah Swt," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Menpan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat siang, pukul 11.10 WIB, setelah menjalani perawatan intensif di rumah sakit tersebut sejak pertengahan Juni.

Tjahjo Kumolo akan dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata. Sebelum dimakamkan, jenazah Tjahjo disemayamkan di rumah dinasnya, Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan.