Jenderal Dudung Datangi Rumah Prajurit TNI AD yang Meninggal Kala Latihan Tembak
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana, Rahma mengunjungi rumah almarhum Peltu Saparlan di Rejowinangun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Peltu Saparlan merupakan prajurit terbaik TNI AD yang meninggal dunia saat mengikuti latihan menembak mortir 81 di Lapangan Tembak Pantai Setrojenar Buluspesantren, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, pada 8 Juni 2022 lalu.

Antara yang mengutip Dinas Penerangan Angkatan Darat (Dispenad), menjelaskan Jenderal Dudung mendoakan keluarga Peltu Saparlan tetap diberikan kesabaran, kesehatan, dan kesuksesan.

Dudung bersilaturahmi dan berdoa serta memberikan paket sembako serta santunan kepada istri dan ketiga anak Peltu Saparlan.

Sebelumnya, kabar duka mengenai Peltu Saparlan telah disampaikan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna dalam keterangan tertulis, Kamis (9/6).

"TNI AD beserta seluruh keluarga besar menyampaikan duka yang mendalam atas meninggalnya almarhum Peltu Saparlan,” kata Tatang.

Kecelakaan terjadi saat latihan menembak mortir. Kecelakaan itu pula yang menyebabkan prajurit TNI AD tersebut meninggal.

Kunjungan menuju rumah Peltu Saparlan tersebut dilakukan Dudung di sela-sela kunjungan kerjanya di Jawa Tengah.

Dalam kunjungan kerja ke wilayah Jawa Tengah, Dudung melakukan berbagai kegiatan, di antaranya meresmikan Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0709/Kebumen dan Lapangan Sepak Bola TNI AD Jenderal Soedirman di Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (21/6).

Selanjutnya, Dudung dijadwalkan membuka dan memberikan pengarahan dalam acara Apel Komandan Satuan 2022 di Akademi Militer (Akmil) Magelang pada 23-24 Juni 2022.

Dalam kunjungan ke rumah Peltu Saparlan itu, Dudung didampingi Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Mayjen TNI Agus Subiyanto dan Gubernur Akmil Mayjen TNI Legowo W. R. Jatmiko.

Kemudian ada Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono, Danpussenif Letjen TNI Arief Rahman, Aspers Kasad Mayjen TNI Darmono Susastro, Aslog Kasad Mayjen TNI Saiful Rachiman, dan Aster Kasad Mayjen TNI Karmin Suharna.