Analisa Ilmiah BMKG Soal Gempa M 5,5 yang Guncang NTT Siang Tadi
BMKG

Bagikan:

JAKARTA - Gempa bumi berkekuatan M 5,6 mengguncang wilayah Laut Flores, Nusa Tenggara Timur Rabu 22 Juni 2022 pukul 12.01 WIB tadi. Gempa ini tak menimbulkan tsunami.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,5. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,49° LS ; 120,51° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 124 Km arah Timur Laut Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 499 km, seperti dalam keterangan resmi BMKG, Rabu 22 Juni.

Gempa bumi yang terjadi akibat adanya tarikan mantel ke bawah dan gaya mengapung mantel yang lebih kental di bawahnya. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun.

Berdasarkan estimasi peta guncangan, gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Pasimasunggu, Pasimasunggu Timur, dan Pasimarannu dengan skala intensitas III-IV MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 12.20 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.