Pemkot Surakarta Waspadai Munculnya Cacar Monyet
Kepala DKK Surakarta Siti Wahyuningsih. (ANTARA/Aris Wasita)

Bagikan:

SOLO - Pemerintah Kota Surakarta mulai mewaspadai munculnya penyakit cacar monyet yang saat ini mulai menjangkiti sejumlah negara.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta Siti Wahyuningsih mengatakan pemerintah mulai aktif melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait penyakit ini.

Sosialisasi dilakukan baik melalui sosial media maupun melalui fasilitas kesehatan (faskes) yang ada di bawah Pemkot Surakarta.

Pihaknya juga meminta rumah sakit maupun puskesmas untuk segera melapor jika ditemukan kasus tersebut. Meski demikian, ia memastikan hingga saat ini belum ada laporan yang masuk terkait penyakit cacar monyet.

"Namun, kami terus mengaktifkan surveilans sebagai langkah antisipasi. Kalau ada penyakit semacam itu segera lapor ke puskesmas atau dinas. Nanti pasti kami lakukan penelusuran," katanya dikutip Antara, Senin, 30 Mei.

Sementara itu, menurutnya, kemunculan penyakit baru tersebut biasanya karena faktor lingkungan dan tingginya mobilitas sehingga bisa saja terjadi penularan saat interaksi dengan antarindividu.

"Penyakit ini bisa menular melalui gigitan hewan yang terinfeksi, atau hewan tersebut terinfeksi, kemudian dikonsumsi namun tidak dimasak secara sempurna," katanya.

Terkait hal itu, Dinkes Solo mengimbau masyarakat agar tetap berhati-hati dan mewaspadai penyakit baru tersebut.

"Masyarakat perlu waspada, di sisi lain kami juga terus melakukan edukasi untuk mengantisipasi penyebarannya," katanya.