Menhub Resmikan Rumah Sakit Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meresmikan Rumah Sakit Tipe D di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar, pada Jumat (27/5/2022). ANTARA/HO-Kemenhub

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meresmikan Rumah Sakit Tipe D di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar.

Menhub mengatakan, pembangunan RS ini merupakan salah satu bentuk inovasi yang dilakukan oleh salah satu Badan Layanan Umum (BLU) yang ada di lingkungan Kemenhub dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik, lebih cepat dan lebih berkualitas kepada masyarakat.

“Saya mengapresiasi kolaborasi yang baik antara Kemenhub dengan Pemerintah Kota Makassar dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata Budi Karya dalam keterangan tertulis dikutip Antara, Jumat, 27 Mei.

Menhub mengatakan, kehadiran RS ini merupakan bagian dari peningkatan fasilitas kesehatan yang dilakukan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), dari yang sebelumnya Poliklinik Utama menjadi Rumah Sakit Tipe D.

Ia berharap, RS ini tidak hanya melayani para taruna/taruni, namun juga dapat melayani masyarakat umum di kota Makassar dan sekitarnya.

“Saya berharap ini menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lainnya di Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyambut baik atas dibangunnya fasilitas kesehatan RS PIP Makassar.

Ramdhan berharap, kehadiran RS PIP Makassar ini dapat menjadi bagian dari ketahanan kesehatan bagi masyarakat kota Makassar, terlebih di tengah pandemi Covid-19.

Rumah Sakit Umum tipe D PIP Makassar ini dapat melayani 13 layanan kesehatan yang terdiri dari Pengujian Kesehatan Pelaut (Medical Check Up); Pemeriksaan Kesehatan Peserta Diklat; Pemeriksaan Kesehatan Tht-Mata Bagi Pelaut; Instalasi Gawat Darurat (IGD); Intensive Care Unit (ICU); Neonatal Intensive Care Unit (Nicu); Rawat Jalan; Rawat Inap; Persalinan; Pelayanan Farmasi; Laboratorium; Radiologi, dan dilengkapi fasilitas Kamar Bedah.

Rumah sakit PIP Makassar saat ini memiliki 62 Tenaga Medis yang terdiri dari 6 Dokter Spesialis; 11 Dokter Umum; 2 Dokter Gigi; 28 tenaga Perawat; 3 tenaga Bidan, dan 12 tenaga medis pendukung lainnya.

BPSDM Perhubungan saat ini memiliki 23 pusat layanan kesehatan yang terdiri dari 6 (Enam) unit Klinik Utama dan 16 (enam belas) klinik pratama dan 1 unit pusat layanan kesehatan berupa Rumah Sakit Umum tipe D yaitu RS PIP Makassar.

Usai meresmikan RS PIP Makassar, Menhub juga sempat berdiskusi dengan Taruna/Taruni PIP Makassar dan memberikan bantuan pendidikan bagi Taruna/Taruni berprestasi.

Dia meminta para taruna memiliki semangat juang, manfaatkan waktu dengan sungguh-sungguh, dan melakukan hal yang luar biasa agar menjadi lulusan yang berkualitas.

Menhub mengungkapkan, pembentukan SDM yang berkualitas menjadi perhatian pemerintah, untuk itu, ia meminta kepada jajarannya agar penyelenggaraan sekolah transportasi tidak boleh dilakukan seadanya.

"Kita harus all out membentuk dan membina SDM, dari sini Indonesia memiliki daya saing dengan dunia luar," tuturnya.