Kondisi Terkini Hamzah Haz, Masih Dirawat di RSPAD
Hamzah Haz dalam perawatan di RSPAD (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) ke-9 Republik Indonesia Hamzah Haz tengah dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto akibat gangguan fungsi organ. Hamzah Haz kini dalam perawatan medis.

Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani, mengatakan Hamzah Haz kini masih dalam perawatan 

"Saya sampaikan sampai jam sekarang tidak benar Pak Hamzah Haz wafat, sampai jam sekarang saya ngomong," kata Arsul kepada VOI, Jakarta, Senin, 19 Oktober.

Dia pun meminta semua pihak mendoakan Hamzah Haz yang pernah menjadi pendamping Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri agar lekas pulih dari sakit yang tengah dideritanya. 

Adapun Hamzah Haz lahir di Ketapang, Kalimantan Barat, 15 Februari 1940, atau 80 tahun lalu. Ia menjabat sebagai Wakil Presiden pada periode 2001-2004.

Sebelum menjabat Wakil Presiden, Hamzah Haz merupakan Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Pengentasan Kemiskinan dalam Kabinet Presiden Keempat RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Pada hari Kamis, 26 Juli 2001, Hamzah terpilih sebagai Wakil Presiden ke-9 Republik Indonesia, setelah memenangi pertarungan pemilihan wakil presiden di parlemen mengungguli Ketua Umum Partai Golkar Akbar Tanjung dan sejumlah nama lainnya.

Hamzah Haz juga dikenal sebagai Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) keempat yang memimpin dari 1998 hingga 2007. Dia digantikan oleh Suryadharma Ali pada Februari 2007.

Selama dipimpin Hamzah Haz, PPP mencapai masa keemasan dengan keberhasilan meraih kursi di DPR terbanyak ketiga hasil Pemilu 1999 dan 2004 setelah Golkar dan PDI Perjuangan.