Tren COVID-19 Makin Turun, 60,5 Persen Kelurahan di Sleman Masuk Zona Hijau
Ilustrasi/Foto: PIXABAY

Bagikan:

SLEMAN - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat 52 dari 86 (60,5 persen) kelurahan di wilayah itu masuk zona hijau COVID-19.

"Berdasarkan peta zonasi COVID-19 yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Sleman per 8 Mei 2022, terdapat peningkatan zona hijau sebanyak 14 persen dari 40 menjadi 52 kelurahan," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Sleman Shavitri Nurmaladewi di Sleman, Selasa 10 Mei.

Menurut dia, saat ini di Kabupaten Sleman tinggal menyisakan tiga kelurahan zona merah atau 3,5 persen, yakni Kelurahan Sendangmulyo, Kapanewon (Kecamatan) Minggir, Kelurahan Lumbungrejo dan Mororejo di Kapanewon Tempel.

"Sedangkan untuk kelurahan yang masuk zona oranye saat ini sudah tidak ada," katanya dikutip Antara.

Ia mengatakan untuk kelurahan yang masih zona kuning tercatat ada 31 kelurahan atau mencapai 36 persen.

"Peta Zonasi COVID-19 tingkat kelurahan yang dikeluarkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sleman ini bersifat dinamis dan diterbitkan secara berkala," katanya.

Shavitri mengatakan perkembangan kasus COVID-19 yang semakin baik ini juga atas peran masyarakat yang tetap disiplin protokol kesehatan (prokes) dan mengikuti vaksinasi, baik untuk dosis pertama, kedua maupun dosis penguat (booster).

"Terima kasih untuk dukungan masyarakat yang selalu disiplin prokes dan mengikuti vaksinasi. Kami harapkan masyarakat untuk terus disiplin prokes dan bagi yang belum vaksinasi dapat segera vaksin," katanya.

Ia mengatakan untuk perkembangan kasus harian COVID-19 pada 8 Mei tercatat penambahan kasus konfirmasi positif satu orang, pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 37 orang dan tidak ada kasus pasien meninggal dunia.

"Sedangkan untuk kasus aktif COVID-19 di Sleman per 7 Mei tercatat 35 kasus, meliputi 20 pasien dirawat di rumah sakit, 15 orang menjalani isolasi mandiri (isoman) dan tidak ada yang karantina di selter isolasi terpadu (isoter). Untuk kumulatif hingga 7 Mei, kasus konfirmasi positif mencapai 78.873 kasus, sembuh 76.164 kasus dan pasien meninggal dunia 2.674 kasus," katanya.