Lebaran Ketupat, Ribuan Warga Padati Pantai KEK Mandalika
Pantai KEK Mandalika/Foto: Antara

Bagikan:

NTB - Ribuan warga "menyemut" di Pantai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada perayaan Lebaran Ketupat (Lebaran Topat)  1443 Hijriah, Senin 9 Mei 2022.

Perayaan tradisi Lebaran Topat merupakan bentuk syukur warga di NTB yang telah melaksanakan puasa sunnah di bulan Syawal selama 6 hari usai Idul Fitri.

"Kunjungan wisatawan hari ini di Mandalika ramai sekali," kata Kapolsek Kawasan Mandalika Polres Lombok Tengah, Iptu I Made Dimas di Praya, Senin.

Ia mengatakan, peningkatan jumlah kunjungan wisatawan di KEK Mandalika ini terus meningkat setiap hari usai Lebaran dan peningkatan diperkiraka akan terjadi hingga sore hari.

Warga yang datang bersama keluarga maupun temannya tidak hanya untuk mandi di pantai, namun sebagian juga dari mereka datang untuk melihat keindahan wisata di Mandalika dengan berswafoto di papan nama Sirkuit Mandalika maupun di Bukit Seger.

"Puncak keramaian libur Lebaran itu diprediksi hari ini," katanya.

Untuk mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas dan hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya melaksanakan pengamanan wisata di semua Pantai di wilayah Mandalika seperti di Pantai Senek dan Pantai Tanjung Ann.

Dalam kesempatan itu, anggota polisi memberikan himbauan kepada petugas parkir untuk bertanggung jawab sepenuh nya terhadap kendaraan yang di parkir di areal nya dan tidak terkesan memaksa pengunjung untuk parkir.

"Kita juga menghimbau kepada pengunjung agar selalu waspada dan menjaga barang bawaannya," kata I Made Dimas.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sejumlah tempat destinasi wisata pada perayaan Lebaran Topat 2022 ramai dikunjungi wisatawan, seperti di Pantai Tanjung An, Bukit Seger, depan Sirkuit Mandalika, Pantai Selong Belanak, Pantai Mawun warga terlihat ramai datang bersama keluarga untuk liburan.

Selain destinasi wisata pantai yang diserbu warga, destinasi wisata alam seperti Air Terjun Benang Stokel, Benang Kelambu, Kolam Renang Aik Bukak dipadati warga dari berbagai daerah, baik dari Lombok Tengah maupun daerah lainnya di wilayah NTB.

"Ramai sekali hari ini di Pantai Tanjung An," kata Gede Gisiyasa warga Kota Mataram.

Setelah hampir dua tahun dampak pandemi COVID-19 tidak ada perayaan Lebaran Topat. Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah pada 2022 ini menggelar kegiatan perayaan Lebara Topat yang dirangkaikan dengan peluncuran Sirkuit Motor Croos Desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara yang telah tuntas dikerjakan.

"Apa yang jadi hajat bersama untuk memberikan pelayanan kepada elemen masyarakat yang hobi otomotif bisa berjalan sesuai kehendak semua, karena itu dia berharap dukungan semua pihak. Kita tak bisa mampu tanpa kerjasama kita semua," kata Bupati Lombok Tengah H Lalu Pathul Bahri.