Banyak Penumpang Menunggu Bus, Anies Baswedan Minta Pihak Terminal Kalideres Kolaborasi dengan Kemenhub
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta pihak terminal untuk berkolaborasi dengan pihak terkait guna memberikan pelayanan terbaik bagi para pemudik.

Pernyataan itu disampaikan Anies saat menggelar inspeksi di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Jumat, 29 April.

"Kolaborasi dilakukan dengan Kementerian Perhubungan untuk menyiapkan bus bantuan. Karena bus arus baliknya belum sampai, sehingga dengan begitu mereka tetap dapat diangkut," terang Anies.

Permintaan itu lantaran saat memantau kondisi terminal Kalideres, Anies melihat banyak penumpang yang menunggu bus datang datang kembali. Padahal, bus itu akan lama karena arus lalu lintas di ruas tol cukup padat.

"Kebetulan saat ini memang sedang padat dan banyak pemudik yang menunggu di terminal, karena busnya belum sampai kembali arus balik ke Jakarta. Mudah-mudahan malam ini sudah sampai kembali semua (busnya)," ungkapnya.

Di sisi lain, Anies menyebut fasilitas yang diberikan pihak terminal sudah cukup baik. Tetapi, lebih baik lagi untuk mempertahankan dan meningkatkannya.

"Siang ini kita di Terminal Kalideres melihat kesiapan untuk memfasilitasi warga yang akan mudik. Sejauh ini kami pantau cukup baik, jadi armada dan infrastruktur yang tersedia cukup untuk menampung semuanya (pemudik),” kata Anies.

Untuk diketahui, Lebaran 2022 jumlah pemudik cenderung mengalami peningkatan. Kemudian, untuk kapasitas Terminal Kalideres pun cukup tinggi. Jika merujuk saat sebelum pandemi bisa sampai 7.000 penumpang per hari. Sekarang ini angkanya masih berkisar 2.000.