Kisah WNI dalam Penyelamatan di Sungai Thames yang Membeku
Foto ilustrasi (Christine Masters/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Habibi Syaaf tengah bersama rekannya, Ron Dowson di sekitar Sungai Thames, London, Inggris. Di sana, ia mendapati seorang pria tenggelam di Sungai Thames yang membeku. Penyelamatan dilakukan. Kini, namanya merebak harum di Inggris.

Peristiwa itu terjadi di sisi utara Sungai Thames, tepatnya sekitar Victoria Tower Gardens. Ketika itu, sang pria tengah berpegangan pada tangga dan hampir tenggelam.

Kantor Parlemen Inggris mengapresiasi tinggi aksi Habibi yang baru bekerja selama dua bulan di gedung parlemen itu. Melalui Juru Bicara Sir Lindsay Hoyle, parlemen memuji Habibi, menyebutnya sebagai pahlawan.

Habibi sendiri membalas pujian tersebut dengan rendah hati. "Aku hanya berteriak 'pegang tanganku' dan berhasil menariknya kembali. Orang itu bergetar dan tidak bisa bicara," katanya seperti dikutip dari Sky, Jumat (10/1/2020). 

"Aku sangat bersyukur dia selamat. Aku bukan pahlawan. Ron dan aku hanya melakukan apa yang kita latih dan apa yang bisa kita lakukan untuk membantu," tambah Habibi.

Lindsay sendiri memuji aksi cepat tanggap operator ruang kendali Dave Thomas karena bertindak cepat memperingatkan petugas serta Unit Polisi Laut. 

"Tidak ada keraguan dalam pikiranku bahwa jika bukan karena Ron, Habib dan Dave Thomas, orang itu bisa tenggelam," katanya.