Narapidana Perempuan di Bengkulu Peringati Hari Kartini
Perayaan hari Kartini di Lapas Perempuan Bengkulu/Foto: Antara

Bagikan:

BENGKULU - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas II B Kota Bengkulu memperingati Hari Kartini dengan kegiatan fashion show yang diikuti oleh warga binaan dari kalangan kaum hawa itu.

Kepala Lapas Perempuan Kelas II B, Gayatri Rachmi Rilowati di Bengkulu, Kamis, mengatakan bahwa warga binaan atau narapidana sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

"Lapas Kelas II B memperingati Hari Kartini yang jatuh pada Ramadhan mengadakan perlombaan fashion show yang diikuti oleh warga binaan," kata Gayatri.

Kegiatan tersebut dilaksanakan, selain memperingati Hari Kartini, juga untuk menggali potensi warga binaan.

Serta melatih mental dan keberanian warga binaan agar memiliki rasa percaya diri untuk tampil di depan umum, khususnya mengikuti kegiatan perlombaan usai menjalani masa hukuman di lapas perempuan.

Sebab, kegiatan ini pertama kali dilaksanakan di lapas perempuan dan menjadi penampilan perdana bagi warga binaan selama berada di lapas.

"Ini merupakan penampilan perdana para warga binaan dan mereka cukup percaya diri serta ada narapidana yang kesehariannya berpenampilan tomboy tapi saat tampil ternyata bisa feminim," ujarnya.

Salah satu narapidana di Lapas Perempuan Kelas II B Bengkulu, Rika Sonata menyebutkan bahwa dengan adanya kegiatan tersebut memberikan pengalaman baru bagi dirinya.

"Perasaan senang karena ada kegiatan seperti ini di lapas, sebelumnya saya tidak pernah melakukannya dan ini pertama kali," katanya.

Ia berharap, keluarga khususnya ibunya mengetahui bahwa di dalam lapas ada kegiatan-kegiatan seperti ini, sehingga tidak perlu khawatir terhadap kondisi dirinya di dalam lapas.