Bagikan:

MALANG - Kabag Ops Polresta Malang Kota Kompol Supiyan mengatakan pihaknya siap menyambut mudik Lebaran 2022. Sebanyak tujuh pos mudik dibangun di wilayah Kota Malang, Jawa Timur.

Supiyan menjelaskan, dari tujuh pos, enam di antaranya merupakan pos pengamanan dan satu lainnya adalah pos pelayanan masyarakat saat mudik Lebaran 2022.

"Fungsi pos secara garis besar hampir sama, akan tetapi pada pos pelayanan nanti ada sejumlah fasilitas lainnya seperti untuk penanganan kesehatan," tutur Supiyan dalam keterangan tertulis, Rabu 20 April.

Supiyan menambahkan, enam posko pengamanan mudik Lebaran tersebut akan ditempatkan pada titik-titik krusial yang ada di wilayah Kota Malang, yakni pada simpang tiga Universitas Brawijaya (Jalan Soekarno Hatta) dan simpang tiga Jalan Borobudur.

Kemudian, posko pengamanan juga akan disiapkan di simpang tiga kawasan Sulfat, simpang tiga Kacuk Barat, kawasan Alun-Alun Kota Malang dan satu pos pengamanan terpadu di pintu keluar Tol Madyopuro. Sementara untuk posko pelayanan disiapkan di Stasiun Kereta Api Malang Kota.

"Para petugas akan kami konsentrasikan pada tujuh titik tersebut," ujarnya.

Para petugas yang ada pada pos pengamanan tersebut nantinya juga akan melakukan pemantauan dan pengecekan sejumlah ketentuan yang menjadi syarat perjalanan mudik Lebaran kali ini, seperti apakah para pemudik sudah mendapatkan vaksin COVID-19 dosis ketiga.

"Fungsi dan peran petugas pada pospam itu nanti yang akan memantau dan melakukan pengecekan secara acak. Untuk Lebaran kali ini, sesuai dengan regulasi yang ada tidak ada penyekatan," ucapnya.

Selain itu, pada pos pengamanan tersebut rencananya juga akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang bisa membantu para pemudik jika terjadi kendala pada kendaraan mereka saat melakukan perjalanan.

"Disiapkan juga fasilitas untuk membantu para pemudik yang mengalami ban kempes, atau rusak, itu nanti akan kita lengkapi, seperti fasilitas bengkel di situ," katanya.

Pemerintah telah menetapkan libur nasional Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah 2-3 Mei 2022, sementara cuti bersama jatuh pada 29 April, 4, 5, dan 6 Mei 2022. Pemerintah memperkirakan sekitar 85 juta orang akan melakukan mudik pada Lebaran 2022.

Ada sejumlah persyaratan bagi para pemudik, diantaranya adalah untuk masyarakat yang baru menerima dosis pertama vaksin COVID-19, masih diwajibkan untuk melampirkan hasil tes PCR yang berlaku 3x24 jam sebelum melakukan perjalanan.

Sementara bagi masyarakat yang sudah menerima dosis kedua, hanya perlu melampirkan hasil tes antigen 1x24 jam atau PCR 3x24 jam. Sedangkan masyarakat yang sudah mendapatkan dosis penguat atau booster, tidak perlu melampirkan hasil tes sebagai syarat perjalanan.

Saat ini, di wilayah Kota Malang, secara keseluruhan tercatat ada sebanyak 28.747 kasus konfirmasi positif COVID-19 dengan kasus aktif sebanyak 21 kasus. Dari total kasus konfirmasi itu, sebanyak 27.485 orang dilaporkan telah sembuh, 1.241 orang dinyatakan meninggal dunia.