Menko PMK dan Menhub Cek Kesiapan Angkutan Lebaran di Stasiun Pasar Senen
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan inspeksi ke Stasiun Pasar Senen menjelang masa mudik Lebaran.

Dalam inspeksinya, Menko PMK dan Menhub melakukan Rapat Koordinasi Kesiapan Angkutan Mudik Lebaran 2022 bersama pemangku kepentingan perkeretaapian, peninjauan sarana dan prasarana, serta vaksinasi di stasiun.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan setelah dua tahun, Presiden Jokowi telah memutuskan masyarakat boleh melaksanakan mudik Lebaran tahun ini. Karenanya ia meminta kegiatan ini dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

Muhadjir mengusulkan pada tahun ini bisa diselenggarakan mudik gratis dengan kereta api untuk mengurangi kepadatan mudik di jalan raya.

"Saya menyarankan supaya disediakan gerbong khusus mengangkut kendaraan, sehingga mereka yang akan mudik dengan sepeda motor bisa diangkut dengan kereta api. Nanti motornya bisa digunakan kembali setelah sampai di tempat tujuan,” kata Menko Muhadjir dilansir Antara, Kamis, 7 April.

Sedangkan Menhub Budi Karya mengatakan prediksi ada sekitar 8 juta penumpang yang naik kereta api. Untuk itu, ia meminta Ditjen Perkeretaapian Kemenhub dan PT KAI bersinergi melakukan persiapan dengan baik.

“Seperti ramp check, inspeksi jalur, membuat posko-posko, menambah perjalanan dan meningkatkan SDM. Hal itu merupakan upaya yang baik dan Insya Allah kita bisa mengawal itu," kata Menhub Budi Karya.

Terkait usulan mudik gratis, Menhub mengungkapkan akan menyelenggarakan program mudik gratis tidak hanya dengan kereta api, tapi juga dengan bus untuk penumpang dan truk untuk mengangkut sepeda motor.

“Untuk kendaraan sepeda motor yang diangkut kereta diberikan gratis, hanya orangnya saja yang bayar tiket kereta. Kalau bus ada kita sediakan untuk penumpangnya gratis, dan kendaraan truk untuk motornya gratis juga," katanya.