Wapres Ma’ruf Amin: Ramadan Momentum Perkuat Solidaritas Kemanusiaan
Wapres Ma'ruf Amin/BPMI Setwapres

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan  1443 Hijriyah.

“Saya mengajak seluruh umat Islam di Indonesia agar menjadikan Ramadan sebagai syahr as-shadaqah atau bulan memperbanyak sedekah,” kata Ma’ruf Amin dalam pernyataannya, Sabtu, 2 April.

Bulan Ramadan sambung Ma’ruf menjadi momentum bagi umat Islam untuk melakukan penguatan solidaritas kemanusiaan serta momentum memperkuat ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah insaniyah.

“Semoga segala amalan yang kita lakukan dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita dan semoga Allah SWT senantiasa memberikan inayah-Nya dan meridai setiap upaya yang kita lakukan,” kata Ma’ruf Amin.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mengucapkan "Marhaban ya Ramadhan" atau selamat datang bulan Ramadan.

“Marhaban ya Ramadan. Selamat datang bulan RamadHan. Bulan penuh pengampunan. Bulan dilipatgandakannya pahala ibadah dan kebaikan,” kata Jokowi melalui akun Instagram @jokowi.

Jokowi menyampaikan situasi pandemi COVID-19 yang membaik pada 2022 ini, telah membawa optimisme sehingga umat muslim dapat melaksanakan ibadah salat tarawih berjamaah di masjid, dengan tetap berdisiplin menerapkan protokol kesehatan.

Jokowi juga melantunkan doa agar pada bulan Ramadan ini, seluruh ibadah umat muslim dilancarkan, dimudahkan, dan diterima oleh Allah SWT. “Selamat berpuasa,” ujar dia.