Pangkalan TNI AL Timika Segera Naik Status Jadi Tipe B
Komandan Pangkalan Utama TNI AL IX Merauke Brigjen TNI Marinir Gatot Mardiyono/ Antara

Bagikan:

TIMIKA - Komandan Pangkalan Utama TNI AL IX Merauke Brigjen TNI Marinir Gatot Mardiyono menyebut Pangkalan TNI AL Timika yang saat ini berstatus tipe C dalam waktu dekat akan segera naik status menjadi tipe B.

Brigjen Gatot menyebut peningkatan status Pangkalan TNI AL Timika itu karena mempertimbangkan wilayah kerja yang begitu luas tidak saja mencakup perairan Kabupaten Mimika, tetapi juga perairan Kabupaten Asmat dan perairan Kabupaten Kaimana di Provinsi Papua Barat.

Selain itu keberadaan perusahaan tambang PT Freeport Indonesia sebagai salah satu obyek vital nasional juga menjadi dasar meningkatkan status Pangkalan TNI AL Timika menjadi tipe B.

"Kami sudah mengajukan kepada pimpinan dengan harapan Lanal Timika yang sekarang berstatus tipe C naik ke Tipe B sehingga nantinya Komandan Lanal Timika akan dijabat oleh seorang perwira berpangkat kolonel," jelas Brigjen Gatot dilansir Antara, Rabu, 16 Maret.

Pada Rabu siang, Brigjen Gatot bersama isteri melakukan kunjungan perdana ke Markas Pangkalan TNI AL Timika.

Brigjen Gatot baru beberapa bulan menjabat Danlantamal XI Merauke menggantikan Brigjen TNI (Mar) Edy Prakoso.

Wilayah kerja Lantamal XI Merauke cukup luas mencakup sebagian besar wilayah pesisir selatan Papua mulai dari Kabupaten Merauke, Mappi, Asmat, Mimika hingga Kaimana.

Brigjen Gatot menyebut dalam 100 hari pertama bertugas sebagai Danlantamal XI Merauke dirinya memprogramkan untuk mengunjungi semua satuan TNI AL yang ada di wilayahnya.

"Lanal Timika merupakan Lanal terbesar dan cukup jauh dari Mako kami di Merauke. Makanya saya datang ke Timika untuk melihat kondisi kantor maupun personel kami yang bertugas di Lanal Timika untuk memberikan motivasi kepada mereka sekaligus nantinya kami akan mengecek langsung pos-pos TNI AL yang ada di Timika," jelasnya.