Usai Jumatan, Sejumlah Masjid di Kaltara Gelar Salat Gaib untuk AKP Novandi Arya Kharizma
Salat Gaib serentak usai Jumatan untuk anak Gubernur Kaltara/ Antara

Bagikan:

TANJUNG SELOR - Sejumlah masjid di Kalimantan Utara menggelar salat gaib setelah salat jumat untuk putra Gubernur Kaltara bernama AKP Novandi Arya Kharizma yang meninggal akibat kecelakaan di kawasan Senen Jakarta Pusat pada Senin, 7 Februari.

Dilaporkan di Tanjung Selor, Kaltara, Jumat, 11 Februari suasana duka terlihat saat jemaah mengikuti secara khidmat salat gaib serentak usai jumatan untuk anak Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang.

Seperti terlihat di tempat ibadah tertua di Kaltara, yakni Masjid Sultan Kasimuddin Tanjung Palas Bulungan.

Usai melaksanakan Jumatan, Imam langsung memimpin salat gaib untuk mendoakan kebaikan bagi almarhum yang merupakan kebanggaan Gubernur Kaltara karena anak sulung ini mengikuti jejak ayahnya berkarier di kepolisian.

"Kita ikut merasakan duka mendalam atas meninggalnya anak beliau yang kita kenal orangnya sederhana dan rendah hati," kata Djalil, seorang jamaah usai Salat Gaib dilansir Antara.

Ia berharap Gubernur beserta keluarga bisa ikhlas dan tabah atas meninggalnya anak pertama dari tiga bersaudara itu.

Sejumlah masjid juga menggelar Salat Gaib serentak usai Jumatan di Kaltara.

Suasana duka masih menyelimuti sebagian warga Kaltara terkait meninggalnya AKP Novandi Arya Kharizma karena kecelakaan tunggal di Senen, Jakarta Pusat, Senin, 7 Februari sekitar 00.30 WIB.

Sekretaris Daerah Provinsi Kaltara H. Suriansyah berterima kasih atas keprihatinan warga Kaltara yang ikut mendoakan almarhum melalui Salat Gaib.

Salat gaib adalah salat yang dilakukan kepada jenazah di suatu tempat atau daerah yang tidak ada di hadapan secara langsung orang yang melakukan Salat Jenazah.

AKP Novandi Arya Kharizma, SIK, M.Si dimakamkan di TPU Jagakarsa, Jakarta pada Selasa, 8 Februari.

Novandi ke Jakarta dalam rangka mengikuti Pendidikan Kejuruan (Dikjur) Polair selama satu bulan sampai 10 Februari 2022.

AKP Noviandi Arya adalah lulusan Akpol 2012 dan pernah belajar di Magister Ilmu Administrasi Negara di Universitas Mulawarman.

AKP Novandi Arya bertugas di Satuan Pol Air Berau, Kalimantan Timur. Ia juga pernah menjabat Kasat Pol Air Polres Kukar, serta bertugas di KP3 Samarinda.

Terkait