Dihantam Banyak Sentimen Negatif, IHSG Senin Justru Dibuka Menguat
Gedung Bursa Efek Indonesia. (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka di zona hijau pada perdagangan Senin 24 Agustus. IHSG dibuka menguat 0,12 persen atau 6,12 poin ke level 5.278,93.

Membuka perdagangan, 33 saham menguat, 24 saham melemah, dan 37 saham stagnan. Volume perdagangan tercatat 31,36 juta lembar saham dan ditransaksikan senilai Rp15,46 miliar.

Meski dibuka menguat, Direktur PT Anugrah Mega Investama Hans Kwee meramal IHSG bakal bergerak turun pada perdagangan pertama pekan ini. Sentimen eksternal bakal menjadi faktor dominan yang mempengaruhi pergerakan indeks.

Menurutnya IHSG pekan ini akan bergerak dengan support pertama di level 5.218, sementara support kedua diproyeksi berada di level 5.119. Kemudian, level resistance indeks ia proyeksi berada di kisaran 5.265-5.354.

Hans menjelaskan pelaku pasar masih diselimuti kekhawatiran terkait perundingan antara Partai Republik dan Demokrat di Amerika Serikat (AS).

"Perundingan mengenai kelanjutan stimulus fiskal penanganan dampak pandemi virus corona atau COVID-19 belum menemui titik temu, terutama soal paket bantuan dengan nominal yang lebih kecil," ujar Hans Kwee dalam risetnya.

Kondisi perekonomian AS juga masih dalam status ketidakpastian, setelah data Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan klaim tunjangan pengangguran meningkat menjadi 1,1 juta. Angka ini lebih tinggi daripada perkiraan beberapa ekonom yang sebesar 923.000.

Selain dari AS, sentimen yang akan mempengaruhi pergerakan IHSG juga datang dari zona Eropa, di mana pemulihan sektor jasa dinilai berjalan dengan lambat. Kekhawatiran pelaku pasar terkait lambatnya pemulihan ekonomi dikarenakan adanya beberapa kasus baru COVID-19 di beberapa negara Eropa.

Head of Research Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi juga memproyeksi IHSG akan bergerak di zona merah. Ia memprediksi pergerakan indeks akan berada di kisaran 5.220-5.230.

Beberapa saham yang menurutnya dapat dicermati investor pada perdagangan hari ini antara lain PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR), PT Gas Negara Indonesia Tbk (PGAS) dan PT Ace Hardware Tbk (ACES). Kemudian, PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) dan PT Medco Indonesia Tbk (MEDC).