Cepat Berikan Solusi Cetak Generasi Digital, Jokowi Puji Nadiem Makarim: Mas Nadiem, Untung Banget Kita
Tangkapan layar Presiden RI Joko Widodo (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo mengatakan, Indonesia beruntung karena Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim memiliki pengalaman dalam bidang teknologi.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam Peresmian Gerakan Akselerasi Generasi Digital di Jakarta, Rabu, 15 Desember. Acara disaksikan secara virtual melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden.

"Negara ini akan maju kalau kita bisa melompat. Dan yang paling sulit adalah bagaimana menyiapkan talenta digital, mendatangkan mentor-mentor dengan kualifikasi yang baik. Kita beruntung Menteri Pendidikan kita memiliki pengalaman di dalam perusahaan teknologi. Mas Nadiem, untung banget kita," ujar Jokowi dilansir dari Antara

Jokowi menyampaikan Nadiem Makarim selalu mampu menjawab dan memberi alternatif solusi atas pertanyaan terkait upaya menyiapkan talenta-talenta digital.

"Saya tanya, selalu dijawab dengan sangat cepat. 'Ini bagaimana, jumlahnya nggak mau saya hanya 1-2 ribu, maunya jutaan'. (Dijawab) 'Bisa pak. Kampus merdeka, merdeka belajar'. Caranya, ya tadi disampaikan oleh Pak Menteri tadi," tutur Jokowi.

Jokowi menegaskan, Indonesia memiliki pasar digital yang sangat besar. Indonesia perlu menyiapkan strategi agar tidak tertinggal jauh oleh negara-negara lain.

"Kalau kita tidak bisa menyiapkan ini, akan sulit sekali kita mengejar negara-negara lain. Dan kuncinya sekali lagi dalam jumlah yang banyak. Oleh karena itu saya meminta semua perusahaan besar, teknologi, untuk mau ditempati magang mahasiswa-mahasiswa kita, anak-anak kita. Agar cepat semuanya berubah. Mindset digital ada. Skill digital ada. Sehingga terbentuk culture digital di negara kita," tutup Jokowi.