Gubernur NTT: Pulang ke Rumah, Pastikan Bangunan Aman dan Bisa Ditempati
Kepanikan warga yang mengungsi ke tempat yang lebih tinggi ketika ada peringatan dini tsunami di Kota Maumere, NTT (Foto via Antara/Siska)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Laiskodat belum mendapat laporan kerusakan maupun korban jiwa akibat terjadinya gempa bumi Magnitudo 7,4 yang melanda sejumlah daerah di Pulau Flores dan Sumba.

"Kami telah berkoordinasi dengan para bupati yang dilanda gempa bumi untuk melakukan berbagai antisipasi terhadap terjadinya gempa bumi ini," kata Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat di Kupang, Selasa 14 Desember.

Viktor berharap warga di Provinsi NTT itu untuk tetap tenang dan meminta warga yang sempat mengungsi untuk kembali ke rumah masing-masing karena sesuai pemberitahuan dari BMKG sudah tidak lagi berpotensi tsunami.

"Apabila pulang ke rumah agar memastikan bangunan rumah yang ditempati itu aman dan masih bisa ditempati sehingga bisa meminimalkan terjadinya korban jiwa apabila ada potensi gempa bumi susulan,"ujarnya.

Dia mengatakan, apabila masih terjadi gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 7,4 maka masyarakat di daerah itu untuk mengungsi ke titik-titik kumpul yang telah ditentukan.

"Walaupun BMKG sudah menyatakan potensi tsunami sudah berakhir tetapi masyarakat di pulau Flores, Lembata dan Sumba untuk tetap waspada, apabila terjadi gempa susulan untuk mengamankan diri ke lokasi titik kumpul yang aman," katanya.