Deretan Relawan Capres yang Sudah Panaskan Mesin Tempur Jelang 'Pasar Bebas' Pilpres 2024
Photo by JESHOOTS.COM on Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Pilpres 2024 adalah pasar bebas. Tak ada calon petahana. Semua orang punya peluang untuk maju sebagai calon presiden. Tapi semua keputusan tetap ada di tangan partai politik.

Genderang pilpres mulai bergaung. Survei-survei yang bermunculan mulai mengerecutkan sejumlah nama. Memang belum ada 'kuda hitam'. Semuanya masih orang-orang lama.

Sebut saja Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Khofifah Indar Parawansa, Sandiaga Salahuddin Uno, Puan Maharani hingga Airlangga Hartarto.

Sejumlah relawan juga mulai memanaskan situasi. Mulai membuat gerakan dan deklarasi di banyak daerah. Namun sekali lagi, semua ketuk palu ada di tangan para pimpinan parpol.

Sandiaga Uno

Ratusan emak-emak yang tergabung dalam Relawan Kawan Sandi (RKS) Cimahi, Jawa Barat, mendeklarasikan diri mendukung Sandiaga Uno maju sebagai Calon Presiden (Capres) 2024. Bagi koordinator RKS Cimahi Dewi Trinawati, Sandiaga adalah sosok pekerja keras dan merangkul semua kalangan.

Dewi mengatakan dukungan terhadap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Cimahi berasal dari lintas kalangan di antaranya para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), milenial, budayawan, hingga tokoh agama.

Deklarasi dilaksanakan di Pasar Antri Baru, Jalan Sriwijaya, Setiamanah, Cimahi, Jawa Barat. Selain menggelar deklarasi, RKS Cimahi membagikan paket sembako kepada warga sekitar. Menurut Dewi, pihaknya akan mengadakan program-program lanjutan demi menghimpun dukungan masyarakat untuk Sandiaga Uno.

"Kita akan mengadakan bakti sosial dan program lain untuk mengangkat perekonomian rakyat, para pelaku UMKM, maupun kaki lima, kita ingin mengangkat rakyat kecil biar sejahtera," jelas Dewi.

Sementara itu, anggota RKS Cimahi Elda Dwi Pratiwi menilai Sandiaga punya potensi memimpin Indonesia. Elda yang merupakan seorang mahasiswi itu mengaku akan menggalang dukungan untuk Sandiaga Uno dari kalangan milenial.

Ratusan ibu yang tergabung dalam Relawan Kawan Sandi (RKS) Pekanbaru juga sudah mendeklarasikan diri untuk mendukung Sandiaga Uno maju sebagai capres 2024. Selain deklarasi, RKS Pekanbaru juga menggelar aksi sosial di Pasar Rakyat Agus Salim, Kecamatan Pekan Baru Kota, Pekanbaru, Riau.

Saat tiba di Sorong, Sandiaga Salahuddin Uno juga sempat disambut meriah ratusan tokoh adat, tokoh lintas agama. Ada juga relawan Kawan Sandi Kota Sorong ikut menyambut di bandara Domine Eduard Osok. Simpatisan Sandi tersebut menyambut kedatangannya dengan membawa berbagai spanduk yang bertuliskan relawan Kawan Sandi untuk Indonesia.

Koordinator relawan Kawan Sandi Sorong, Nasir Silehu, mengatakan kedatangan Sandiaga ke kota Sorong menunjukkan kepedulian seorang pemimpin terhadap rakyatnya. Dia menegaskan, selama pandemi COVID-19 ini masyarakat kota Sorong sangat kesulitan ekonomi. Bahkan banyak pekerja yang menganggur. Karena itu, menurut dia, kedatangan Sandiaga Uno ke Sorong bisa membangkitkan kembali semangat juang kaum muda dan rakyat sorong meningkatkan ekonomi.

Ganjar Pranowo

Perayaan 93 Tahun Sumpah Pemuda dan 53 Tahun Ganjar Pranowo, pada 28 Oktober menjadi momen khusus bagi Relawan Sahabat Ganjar memantapkan niat mengantar Ganjar Pranowo menjadi pemimpin bangsa Indonesia di 2024. Relawan Sahabat Ganjar menggelar perayaan Sumpah Pemuda sekaligus HUT Ganjar bersama lapisan masayarakat sekitar Candi Dwarawati Dieng, Jawa Tengah memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Terdapat dua agenda yang dilakukan di lokasi peringatan tersebut yaitu Upacara Sumpah Pemuda & Doa Syukur Lintas Agama serta Lomba Permainan Tradisional di Pelataran Soeharto Whitlam, Kamis, 28 Oktober.

Doa Syukur Lintas Agama dikoordinasi oleh KH. Khayatul Makki, pengasuh Ponpes Tanbihul Ghofiliin Alif’Baa, Banjarnegara. Dalam acara doa bersama tersebut diwakili oleh pemuka agama dari 6 agama dan kepercayaan yang ada di Indonesia.

Relawan pendukung Jokowi bernama Jokowi Mania juga sudah memastikan mendukung Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

"Kami dukung Ganjar Pranowo pengganti Jokowi di 2024," kata Ketua Jokowi Mania Imanuel Ebenezer.

Alasannya, kata Ebenezer, Ganjar memiliki integritas, sosok pekerja, dan memiliki komitmen untuk kebinekaan. Jokowi Mania telah mengeluarkan tagline "Ganjar The Next Jokowi".

Terkait apakah Ganjar mendapatkan dukungan dari PDI perjuangan, Ebenezer menegaskan mereka merupakan relawan yang mempunyai hak konstitusi.

Luhut Panjaitan

Sahabat Luhut for Presiden RI 2024 dideklarasikan di Kota Medan. Relawan mendorong Menteri Koordinator Maritim dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) untuk maju menjadi calon presiden 2024. Ketua Deklarasi Sahabat Luhut for Presiden RI 2024, Toni Togatorop mengatakan, dukungan itu diberikan secara spontanitas karena melihat rekam jejaknya.

"Melihat jejak rekam LBP, Pak Luhut di pemerintahan jokowi kita kagum. Beberapa kebijakan strategis dan pendekatan persuasif familiar terhadap rakyat," kata Toni, Kamis, 28 Oktober.

Dia yakin kepemimpinan Luhut di masa mendatang akan bisa melanjutkan misi kebijakan Presiden Jokowi. Toga menegaskan, deklarasi yang dilakukannya hari ini tidak diketahui oleh Luhut Pandjaitan. Dengan deklarasi ini, Toga ingin mengajak semua masyarakat untuk satu suara dengan pihaknya.

"Tidak (restu), tidak mendapat restu dari beliau, dan deklarasi ini beliau tidak tahu. Kita mau ajak rakyat di sumut khususnya, maupun Indonesia menyuarakan seperti suara kami," sebutnya.

Puan Maharani

Relawan yang menamakan diri Gema Puan mendeklarasikan Ketua DPP PDIP Puan Maharani sebagai calon presiden (capres) 2024 di Semarang, Jawa Tengah. Puan dianggap sebagai sosok yang pantas menjadi Ratu Adil. Ketua Umum Gema Puan, Ridwan, mengatakan deklarasi Puan capres 2024 merupakan masukan bagi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri selaku sosok penentu capres dari PDIP.

"Gema Puan ini ingin beri keyakinan ke Bu Mega bahwa jangan takut digertak dengan alasan elektabilitas," kata Ridwan usai deklarasi di Hotel Noorman Semarang, Minggu, 31 Oktober.

Anies Baswedan

Relawan Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) yakin Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bisa mengikuti jejak Joko Widodo yang saat ini menjadi Presiden RI, setelah sebelumnya menjabat sebagai Gubernur DKI.

Koordinator ANIES, La Ode Basir menyebut Jokowi, yang baru dua tahun memimpin Jakarta, mampu mengikuti pemilihan presiden pada tahun 2014. Melihat kondisi tersebut, ia yakni Anies bisa mengikuti langkah tersebut.

"Bapak Jokowi, Presiden kita saat ini sempat memimpin Jakarta. Artinya, dengan bekal itu, Pak Jokowi sudah bekerja cukup baik untuk Jakarta. Apalagi Pak Anies, yang lebih tuntas 5 tahun bekerja di Jakarta. Jokowi saja yang hanya hampir 2 tahun memimpin Jakarta, apalagi Pak Anies. Saya rasa akan jauh lebih baik," kata La Ode.

ANIES adalah kelompok relawan yang beberapa waktu lalu mendeklarasikan Anies sebagai calon presiden pada Pemilu 2024. La Ode menuturkan, kelompok relawan ini dibentuk dari berbagai komponen masyarakat.

Kata dia, relawan ANIES dibentuk untuk memfasilitasi para pendukung untuk menaikkan elektabilitas Anies. Sebab, mereka menganggap mantan Mendikbud ini pantas untuk berkontestasi politik pada 2024.