Sapi Terperosok ke Saluran Air, Petugas Damkar Jaktim Gunakan Alat Berat untuk Evakuasi
Sapi yang terperosok di saluran air di daerah Duren Sawit, Sapi berhasil dievakuasi petugas damkar Jakarta Timur (Foto: dokumentasi Suku Dinas Gulkarmat Jaktim)

Bagikan:

JAKARTA - Pemadam kebakaran tak melulu memadamkan api. Seperti yang dikerjakan Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, mereka membantu mengevakuasi sapi yang terjebak di gorong-gorong.

Sapi ini terperosok masuk ke saluran air di Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Sapi tersebut dijual sebagai hewan kurban. Lokasi penjualannya persis di atas saluran air tersebut.

Kepala Seksi Penanggulangan Kebaran dan Penyelamatan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur Gatot Sulaeman menyebut, petugas Gulkarmat Jaktim mendapat laporan sapi terperosok pada pukul 11.21 WIB.

"Sapi untuk kurban diikat di area dekat saluran air, terperosok jatuh ke saluran air dengan kedalaman kurang lebih 1,5 meter," kata Sulaeman saat dikonfirmasi VOI, Kamis, 30 Juli.

Petugas Gulkarmat Jaktim dikerahkan sebanyak 4 orang untuk mengangkat sapi tersebut. Proses pengeluaran sapi membutuhkan waktu selama lebih dari satu jam. 

Para petugas tak bisa mengangkat sapi seberat 250 kilogram tanpa alat bantuan. Akhirnya, petugas mengangkat sapi itu menggunakan tali yang diikatkan pada tubuhnya. 

"Situasi (pengangkatan) sapi selesai dan berakhir pada pukul 13.20 WIB," ungkap Sulaeman.